Detail Artikel

image-undefined

Scaling Gigi

Ternyata Inilah Manfaat Scaling Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

By FDC Dental Clinic

2016

Gigi adalah salah satu anugerah dari Tuhan, yang patut untuk disyukuri dan dijaga kebersihan serta kesehatannya. Dalam menjaga kesehatan gigi, menggosok gigi saja tidaklah cukup. Sebaiknya kita melengkapinya dengan melakukan pembersihan karang gigi dengan perawatan scaling secara rutin.

Scaling merupakan pembersihan karang pada gigi dengan menggunakan alat yang bernama scaler. Scaler haruslah digunakan oleh tenaga dokter yang sudah terlatih dan ahli juga professional dalam menggunakan alat tersebut. Mungkin banyak orang yang tahu, bahwa scaling untuk membersihkan karang gigi, namun sebenarnya scaling ini masih punya banyak manfaat lainnya.

Manfaat Perawatan Scaling Gigi

Berikut ini manfaat dari perawatan scaling yang mungkin belum banyak diketahui :

1. Membersihkan karang gigi

Manfaat utama dari perawatan scaling, tentu saja untuk membersihkan karang gigi yang tersisa di sela-sela gigi kalian. Dengan scaling, karang yang telah mengeraskan pun, dapat dihancurkan.

2. Mencegah kerusakan pada gigi

Karang pada gigi merupakan sumber bersarangnya bakteri. Bakteri itulah yang jika dibiarkan,  lama-kelamaan akan membuat gigi semakin rusak. Jika karang dibersihkan, otomatis bakteri pun ikut tersingkirkan. Sehingga memperkecil kemungkinan gigi yang rusak.

3. Menghilangkan bau mulut

Lagi-lagi kita berhubungan dengan bakteri yang menyelinap bersama karang gigi, dia itulah bibit dari bau mulut kita sendiri. Sehingga dengan melakukan scaling, itu sama artinya kita memberantas bakteri penyebab bau mulut.

4. Mencegah perubahan warna pada gigi

Karang gigi tercipta karena sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tidak dapat dibersihkan. Sisa-sisa makanan itu ternyata juga bisa membuat warna gigi menjadi berubah lebih kuning. Oleh karena itu, dengan melakukan scaling sama artinya dengan, kita merawat agar warna gigi kita tetap putih alami

5. Mencegah dari penyakit gingivitis

Gingivitis merupakan penyakit di mana gusi mengalami peradangan, karena plak gigi yang menumpuk di sekitar gigi dan gusi. Jika rutin melakukan scaling, maka gigi kita bisa terbebas dari karang gigi dan tentu saja lebih bersih, sehingga kemungkinan munculnya penyakt gusi ini pun semakin kecil.

6. Mencegah dari penyakit periodontitis

Periodontitis merupakan penyakit gusi kelanjutan dari gingivitis. Orang yang mengalami periodontitis biasanya akan mengalami gusi yang bengkak dan bahkan berisi nanah. Scaling adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit ini.

7. Mencegah gigi goyang

Sifat karang pada gigi yang mengeras itu bisa mengikis enamel pada gigi, dan membuat gigi goyang. Karena ternyata tumpukan plak yang membentuk karang itu lama-kelamaan bisa mendorong gusi semakin ke bawah. Akibat gusi yang semakin ke bawah, maka itu artinya tempat menempel gigi sudah tidak kokoh lagi, dan gigi pun akan menjadi goyang.

Itulah ketujuh manfaat dari scaling . Bagaimana? Ternyata selain untuk membersihkan karang gigi, scaling ini punya banyak banget manfaat ya, FDCiers! Jadi, sampai kapan kamu mau menunda scaling?

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Sumber:

https://www.fdcdentalclinic.co.id/ternyata-inilah-manfaat-scaling-yang-jarang-diketahui-banyak-orang