Detail Artikel

image-undefined

Behel Gigi

Sudah Pada Tahu Belum Bagian-Bagian Behel?

By FDC Dental Clinic

2680

Kalian tentunya sudah tahu dong apa itu behel atau biasa disebut kawat gigi? Tapi sudah pada tahu belum bagian-bagian behel?

Behel merupakan suatu alat yang digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang kurang rapih ataupun renggang.

bagian-bagian behel - fdc artikel

Bagian-Bagian Behel Gigi yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Penasaran yan ingin tahu bagian-bagian dari behel atau kawat gigi? Yuk, simak bagiannya di bawah ini :

Bracket

Bagian dari behel ini menempel pada permukaan gigi. Pada bagian tengahnya terdapat celah untuk dilalui kawat gigi. Bracket ini sendiri terbuat dari bahan metal/stainless steel, porcelain, komposit atau kombinasi.

Buccal tube

Merupakan jenis bracket yang menempel pada gigi geraham besar atau molar. Bracket ini berukuran lebih besar menyesuaikan ukuran gigi geraham itu sendiri serta bentuk yang berbeda dengan bracket gigi seri atau premolar. Buccal tube ini memiliki pengait dan terdapat tube yang dapat dilalui kawat gigi.

Archwire atau kawat gigi

Kawat tipis yang ditempatkan pada slot bracket sampai buccal tube. Kawat ini memiliki beberapa jenis bahan serta ukuran.

Biasanya, pada awal pemasangan behel, kawat yang digunakan adalah kawat lentur dengan diameter kecil, kemudian secara berangsur-angsur kawat yang digunakan menjadi lebih besar.

O-ring

Merupakan karet yang menahan kawat gigi pada slot bracket. O-ring terdiri dari berbagai warna, namun ada juga yang berwarna bening dan diganti pada saat kontrol.

Power chain atau elastomeric chain

Adalah karet yang digunakan pada saat proses penarikan gigi atau penutupan ruangan. Pada dasarnya, power chain berbentuk kumpulan o–ring yang disambungkan membentuk rantai. Power chain ini dipasangkan ke sekeliling bracket. Power chain ini memiliki berbagai pilihan warna dan juga ukuran.

Open coil and closed coil spring

Bagian dari behel ini merupakan kawat yang melingkar yang diletakkan melingkupi archwire atau kawat gigi dan diposisikan diantara 2 bracket. Sedangkan closed coil spring adalah kawat melingkar yang dikaitkan ke hook pada bracket yang satu ke hook pada bracket yang lain.

Elastic inter-ach

Karet ini biasa digunakan dengan cara dikaitkan di gigi atau bracket pada rahang bawah dan tujuan penggunaannya adalah memberikan gaya pada gigi dan rahang untuk memperbaiki posisi gigitan dari gigi.

Karet behel perlu dipasang oleh pasien sendiri dan diganti setiap harinya oleh pasien, maka kedisiplinan pasien dalam mengikuti instruksi dari dokter sangat diperlukan.

Itulah bagian-bagian behel yang mesti kamu tahu, sebelum kamu pasang kawat gigi. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.