Detail Artikel

image-undefined

Behel Gigi

Perlukah Rontgen Gigi Sebelum Melakukan Pemasangan Behel?

By FDC Dental Clinic

57633

Perlukah Rontgen Gigi Sebelum Melakukan Pemasangan Behel? Cek Selengkapnya

Halo FDCiers, susunan gigi yang belum rapi bikin kamu kurang pede, bahkan sampai ragu buat senyum? Di tahun baru ini kamu mulai merasa, sudah saatnya melakukan perubahan? Misalnya dengan melakukan pemasangan behel? Apalagi kalau mengingat FDC Dental Clinic, yang punya promo ortho kece banget. Ya kan?

Rontgen Gigi Klinik Terdekat & Terbaik di Jakarta

Bagi orang awam yang belum pernah melakukan pemasangan behel, pasti akan mengira bahwasanya pemasangannya bisa dilakukan dengan satu kali kunjungan saja. Hmmm, padahal tidak semudah itu, FDCiers! melakukan pemasangan behel itu layaknya kamu mendaftarkan diri ke sekolah baru aja! Tentu butuh persiapan dan surat-surat atau data penting lainnya.

Saat melakukan pendaftaran untuk sekolah baru, biasanya akan diperlukan foto dirimu dalam beberapa ukuran. Sama halnya dengan saat akan melakukan pemasangan behel, kamu juga memerlukan foto, yaitu foto rontgen gigimu. Memangnya kenapa sih harus melakukan rontgen gigi sebelum melakukan pemasangan kawat gigi?

Foto rontgen gigi sama pentingnya dengan pas foto identitasmu saat mau masuk sekolah baru. Pas photo biasanya untuk menunjukkan penampilan atau wajah aslimu secara jelas. Supaya tidak tertukar dengan teman kamu gitu, FDCiers! he-he-he.

Rontgen Gigi: Definisi, Jenis & Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Sedangkan foto rontgen gigi berguna untuk memperjelas gambaran asli gigimu dari depan sampai dalam, semua bisa terlihat. Dengan begitu dokter juga bisa melihat dan menemukan kondisi gigi yang bermasalah—yang tidak dapat terlihat pada saat pemeriksaan visual. Sehingga dokter gigi pun bisa segera melakukan tindakan yang tepat, dan bisa melakukan pemasangan behel pada gigimu dengan baik.

Berikut keuntungan penggunaan rontgen gigi untuk pengguna behel :

  1. Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terlihat pada saat pemeriksaan secara langsung.
  2. Memantau pertumbuhan dan perkembangan pada gigi anak yang biasanya belum tumbuh keluar dan masih ada pada tulang rahang.
  3. Mendeteksi kelainan yang terjadi pada tulang rahang dan gusi.
  4. Mendeteksi gigi yang tumbuh miring atau tidak sempurna/impaksi gigi, yang biasanya terjadi pada gigi geraham bungsu.

Nah, gimana FDCiers? sekarang sudah mengerti kan, mengapa dokter gigi mengharuskan  kamu untuk melakukan rontgen gigi terlebih dahulu, sebelum melakukan pemasangan behel. Kamu juga enggak perlu takut terhadap radiasi sinar x yang digunakan pada saat rontgen gigi, karena radiasi yang dipancarkan sedikit dan tidak berbahaya. Namun, tetap ada catatan untuk wanita hamil, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan rontgen gigi.

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena... konsultasinya gratis lho!