Detail Artikel

image-undefined

Scaling Gigi

Manfaat Melakukan Scaling Gigi Secara Rutin di Klinik Gigi

By fdc Dental Clinic

1134

Manfaat Melakukan Scaling Gigi Secara Rutin di Klinik Gigi

Scaling gigi adalah prosedur perawatan pencegahan yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam manfaat melakukan scaling gigi secara rutin di klinik gigi dan mengapa perawatan preventif ini sangat penting.

Scaling gigi secara rutin dapat kamu lakukan setiap 6 bulan sekali di klinik gigi. Perawatan ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan plak dan karang gigi sehingga membuat gigi tetap sehat.

Selain kita tahu bahwa menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride secara rutin setiap hari dua kali itu sangat dianjurkan, scaling menjadi pelengkap perawatan untuk membuat kesehatan gigi tetap terjaga dari kerusakan gigi dan radang gusi.

Baca juga: Inilah Harga Serta Jenis Perawatan Behel Gigi Terupdate 2024

Scaling merupakan pembersihan karang pada gigi untuk mencegah plak kamu dengan menggunakan alat yang bernama scaler. Proses pembersihan gigi dengan scaling ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Mungkin banyak orang yang tahu, bahwa proses scaling untuk membersihkan karang gigi, namun sebenarnya scaling ini masih punya banyak manfaat lainnya.

Namun sangat disayangkan, karena masih banyak yang tidak mempedulikan kebersihan gigi & kesehatan gigi. Scaling gigi sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin. Ciri kesehatan gigi yang tidak sehat adalah, terlihatnya pada banyaknya noda pada gigi.

karang gigi menumpuk

Noda yang terlihat pada gigi disebabkan oleh sisa makanan yang terselip dan tidak segera dibersihkan. Noda ini jika kamu biarkan secara lama akan menyebabkan karang gigi. Disinilah manfaatnya scaling gigi, karena karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan cara scaling gigi.

Gigi yang sehat dan kuat tak hanya sekadar berdampak pada kesehatan tubuh kamu tapi juga menunjang penampilan agar lebih percaya diri. Kini semakin banyak orang lebih peduli dan bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memperbaiki kondisi gigi agar lebih sehat, putih dan tentunya lebih berkilau.

Kapan Harus Melakukan Scaling Gigi?

Sebelum mengetahui biaya membersihkan karang gigi, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk melakukan scaling gigi atau pembersihan karang gigi ini.

Scaling gigi atau pembersihan karang gigi sebaiknya kamu lakukan setidaknya setiap 6 bulan sekali, sekalipun kamu tidak mengalami masalah mulut. 

Namun jika sebelum 6 bulan kamu sudah mengalami masalah mulut, atau sudah ada karang gigi pada gigi kamu, maka kamu tentunya harus segera pergi ke dokter gigi terbaik untuk membersihkannya.

Karang gigi ini juga bisa langsung kamu deteksi atau rasakan dengan beberapa ciri seperti terbentuknya lapisan kotoran yang mengeras dengan warna kuning atau kecoklatan, dan jika dirasakan menggunakan lidah akan terasa cenderung kasar, mengalami bau mulut, atau mengalami masalah gusi.

Karang gigi ini bisa muncul karena beberapa hal, berikut ini adalah beberapa penyebab karang gigi bisa muncul yang perlu kamu ketahui.

  • Tidak membersihkan gigi dengan benar dan teratur.
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis.
  • Gaya hidup merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Penyakit gusi.
  • Mulut kering.
  • Tingkat pH rongga mulut yang tinggi.

 

Manfaat Scaling Gigi Secara Teratur

Jika scaling gigi dilakukan secara rutin dapat menjaga kesehatan gigi secara maksimal.

manfaat scaling gigi

Terhindar dari masalah gigi

Karang gigi yang tidak dibersihkan akan dapat menjadi sarang bakteri. Penyebab masalah pada gigi kamu seperti gigi berlubang disebabkan oleh karang gigi.

Asam yang dikeluarkan oleh bakteri adalah sumber dari penyebabnya gigi berlubang.

Selain gigi berlubang masalah kesehatan gigi dan mulut seperti bau mulut, dan gusi berdarah.

Baca juga: Harga Scaling Gigi Terjangkau, Banyak Peminatnya!

Dapat kamu atasi dengan membersihkan karang gigi di klinik gigi dengan cara scaling gigi.

Terhindar dari penyakit jantung

Karang gigi yang kamu alami mengandung banyak sekali bakteri didalamnya. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan penyangga gigi dan menyebar ke seluruh tubuh kamu.

Jika bakteri itu sampai pada ke aliran darah dapat menyebabkan kamu terkena penyakit jantung.

Menjaga gigi tetap putih

Karang gigi tercipta karena sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi. Sisa-sisa makanan itu ternyata juga bisa membuat warna gigi menjadi berubah lebih kuning.

Oleh karena itu, dengan melakukan scaling secara rutin sama artinya dengan, kita merawat agar warna gigi kita tetap putih alami.

Membersihkan karang gigi

Manfaat yang pastinya kamu dapatkan setelah melakukan scaling adalah hilangnya karang gigi dari gigi kamu.

Karang gigi adalah noda pada gigi lalu mengeras yang menempel pada gigi dan terdiri dari plak dan air liur yang menempel pada bagian belakang gigi.

Karang gigi ini sangat sulit dibersihkan dan bahkan tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi. Karang gigi menjadi sangat sulit dibersihkan karena ia bisa menyatu secara sempurna dengan gigi kita.

Karena itu, kita memerlukan perawatan ekstra untuk membersihkan karang gigi. Lakukanlah perawatan scaling gigi secara rutin supaya karang gigi kamu tidak lagi bersarang di gigi kamu.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin menu promo di aplikasi atau website kami untuk mendapatkan informasi promo lainnya. Promo Terbatas!

Promo lainnya yang mungkin anda butuhkan

image-gambar-program-APPS-030

[New User] Pembersihan Karang Gigi 199K

Rp480.000

Rp199.000

Cek Sekarang