Detail Artikel

image-undefined

Behel Gigi

Makanan yang Harus Dihindari Saat Pakai Behel

By FDC Dental Clinic

30199

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang makanan yang harus dihindari saat pakai behel. Pada saat kamu memakai kawat gigi kamu wajib menghindari beberapa makanan, hal ini bertujuan agar kesehatan gigi tetap terjaga pada saat pemakaian behel.

Pemakaian behel membutuhkan waktu yang tidak sedikit, kamu butuh waktu 2 sampai 2,5 tahun untuk masa pemakaian behel supaya mendapatkan hasil yang sempurna. Waktu tersebut mungkin bisa lebih Panjang lagi kalau kamu tidak mengikuti anjuran dari dokter gigi.

Pakai behel tidaklah semudah yang kamu lihat, kamu butuh waktu yang panjang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Bukan hanya itu kamu juga harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang akan kamu konsumsi.

Mungkin sebelum pakai behel kamu bebas memilih makanan sesuka hati, namun nanti setelah pakai behel kamu harus stop itu semua. Kamu diwajibkan untuk pilah-pilah makanan yang akan dikonsumsi, tidak boleh sembarang walau makanan itu enak.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Pakai Behel

Berikut makanan yang harus kamu hindari saat memakai kawat gigi:

1. Makanan yang asam

7 Makanan yang Buruk untuk Gigi Selain Permen dan Soda

Makanan yang bersifat asam akan mengakibatkan terkikisnya enamel gigi, enamel gigi adalah bagian terluar gigi kita. Hal ini akan mengakibatkan gigi berlubang, selain gigi berlubang makanan asam juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi loh.

2. Makanan bertekstur keras

Kamu gak mau kan kawat gigi kamu copot, terus melukai mulut kamu. sebaiknya kamu hindari makanan yang keras dulu ya. Makanan yang keras itu contohnya kacang-kacangan, kerupuk, dan lainnya.

Daftar Makanan dari Kacang-kacangan, Lezat dan Menggoda Selera! - Kompas.com

Walaupun makanan itu nikmat sebaiknya hindari dulu, sampai keadaan gigi kamu benar-benar sempurna dan behel sudah dilepas.

Solusi terbaik untuk kamu agar bisa menikmati makanan yang bertekstur keras adalah dengan memotongnya menjadi bagian kecil, dan kunyahlah secara perlahan.

3. Makanan yang lengket

Makanan yang lengket akan berpotensi menyangkut di kawat gigi yang sedang kamu pakai. Jika hal ini terjadi maka akan sulit dibersihkan, gak mau kan gigi yang sedang dirawat agar sehat malah menjadi sarang penyakit.

Apa makanan yang lengket? - Quora

Bukannya gigi rapi yang didapat malah keadaan yang lebih parah yang didapat. Maka dari itu kamu harus menghindari makanan yang lengket.

4. Cokelat

Makanan ini sangat sulit untuk kamu hindari pastinya, namun jika kamu sedang dalam proses perawatan kawat gigi sebaiknya harus menghindari ini. Jika memang tidak bisa menghindari makanan ini, kamu mengurangi untuk mengkonsumsi cokelat.

Aplikasi Cokelat Pada Produk Makanan: Enrobing, Panning dan Praline –  Teknologi Mesin & Alat Pengolah Kakao-Cokelat

Cokelat yang berasa manis akan mengakibatkan bakteri pada mulut cepat berkembang, hal ini merupakan penyebab timbulnya gigi berlubang juga.

Selain manis cokelat juga bisa terselip disela-sela gigi kamu. Jika sudah begitu pasti akan sulit untuk membersihkannya. Apalagi kamu sedang pakai behel, butuh perjuangan ekstra untuk membersihkan gigi pastinya.

Ingat Untuk Kontrol Behel Secara Rutin

Sebab itu jangan remehkan kesehatan gigi kamu ya FDCiers, dan jangan lupa kontrol behel rutin ke klinik gigi setiap 1 bulan sekali atau sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini wajib buat kamu para pengguna behel. Tujuannya yaitu untuk mengetahui perkembangan behel yang kamu pakai.

Jangan tunggu sampai keadaan gigi semakin parah baru periksa. Ini merupakan kesalahan besar yang sering dilakukan kebanyakan oleh orang. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.