Detail Artikel

image-undefined

Informasi

Jaga Kesehatan Gigi & Mulut si Kecil, Jangan Cuek!

By drg. Cahyo Pulunggono

1949

Banyak orang selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan rutin konsumsi vitamin, melakukan general check up tubuh, berolahraga teratur namun lalai dalam menjaga kesehatan rongga mulut. Padahal kegiatan menjaga kesehatan rongga mulut adalah salah satu hal yang paling mudah yaitu dengan menyikat gigi dan ke dokter gigi. Rendahnya kesadaran untuk selalu check up rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali menjadi salah satu penyebab angka karies (lubang gigi) pada masyarakat Indonesia masihlah tinggi. 

Angka tinggi tersebut dibuktikan oleh Riskesdas pada tahun 2018 dengan hasil lebih dari 80% masyarakat Indonesia dari semua kalangan umur tidak luput dari masalah gigi berlubang.

Pada anak-anak dengan umur 5-9 tahun memiliki angka prevalensi lebih dari 90% dimana berarti hanya 10% yang bebas dari karies atau lubang gigi ini. Hal itu tentu saja tidak sejalan dengan target yang telah ditetapkan oleh FDI atau Federation Dental International yaitu tiap-tiap negara, 50% anak dengan usia 5 sampai dengan 6 tahun harus terbebas dari karies atau lubang gigi.

Gigi anak-anak tidak kalah penting dengan gigi dewasa. Orangtua kerap abai dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak karena banyak yang tidak tahu pentingnya gigi susu untuk pertumbuhan gigi dewasa. Peran gigi susu atau sulung dalam proses tumbuh kembang rongga mulut anak sangatlah tinggi, salah satunya adalah petunjuk arah tumbuh untuk tumbuh gigi dewasa. Selain berperan untuk petunjuk arah tumbuh benih gigi dewasa, fungsi lainnya adalah untuk membantu tumbuh rahang, fungsi makan dan bicara dan yang tidak kalah penting adalah fungsi estetika.

Apalagi dengan berkembangnya zaman, anak juga semakin sadar dan kerap melihat di youtube serta media sosial berbagai macam perawatan gigi masa kini. 

Si kecil pun bisa melihat temannya lalu berkomentar “ayah/bunda kok gigi aku berbeda? kok gigiku hitam? kok gigiku maju dan gak rata sih?”. 

Oleh karena itu, peran orang tua untuk ikut serta dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini sangatlah penting.

Tentunya pembaca juga harus ikut ambil peran untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut orang yang kita cinta. Berikut adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dapat dilakukan dan diikuti oleh siapa saja sejak usia dini hingga usia lanjut

  • Sikat gigi teratur minimal 2x sehari pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Pakailah pasta gigi yang mengandung flouride sesuai dengan aturan pakai yang dianjurkan (anak sebesar biji jagung, dewasa sesuai dengan besar sikat) serta sikat berbulu halus agar tidak merusak jaringan lunak maupun keras gigi.
  • Menyikat gigi dengan arah yang benar, dari gusi ke gigi untuk bagian depan, seperti mencangkul untuk bagian mahkota gigi secara satu arah dan dengan gerakan memutar untuk bagian samping


 

  • Mengganti bulu sikat yang telah kasar sebaiknya tiap 3 bulan sekali
  • Menyikat sela gigi dengan dental floss atau benang gigi dan menyikat lidah dengan sikat lidah
  • Menghindari atau mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi seperti coklat, permen, karamel dan minuman manis lainnya.
  • Konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan keju untuk memperkuat gigi ataupun kacang-kacangan yang dapat membantu membersihkan sela gigi
  • Ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk check up rutin dan perawatan contohnya pembersihan karang gigi, tambal gigi ataupun tindakan pencegahan seperti fluoridasi dan fissure sealant. Usahakan apabila orangtua ke dokter gigi ajaklah anak anda agar terbiasa dan tidak mengalami ketakutan maupun kecemasan saat giliran mereka periksa gigi kelak.

Hal diatas tentu sangat mudah dan praktis bukan untuk dilakukan? Sesibuk apapun aktifitas yang kita jalani, jangan lupa untuk melakukan kegiatan yang telah dianjurkan diatas agar dapat terbebas dari kuman penyebab gigi berlubang! Jadi, yuk jaga kesehatan gigimu sejak dini karena kesehatan gigi tidak kalah penting dengan kesehatan tubuh! Just like everyone say about dental and oral health, your smile is the prettiest thing that you’ll ever wear!

Segera Reservasi Lewat Aplikasi, Ada Harga Spesial!

Jangan biarkan harga scaling gigi menjadi penghalang bagi perawatan gigi yang penting. Kamu bisa mendapatkan perawatan gigi mulai dengan harga hemat bulan ini di Aplikasi FDC Dental Clinic. Pilih promo dan temukan cabang terdekat lewat aplikasi FDC Dental Clinic!