Detail Artikel

image-undefined

Scaling Gigi

Ingin Gigi Bebas Karang? Temukan Cara Tanpa Perlu Menghadapi Sensasi Tidak Nyaman

By fdc Dental Clinic

4402

Ingin Gigi Bebas Karang? Temukan Cara Tanpa Perlu Menghadapi Sensasi Tidak Nyaman

Gigi yang sehat dan bersih bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda, bukan? Namun, untuk mempertahankan kesehatan dan kebersihan gigi secara optimal, menggunakan sikat gigi saja tidaklah cukup. Terdapat beragam perawatan gigi yang direkomendasikan secara rutin oleh dokter gigi, dan salah satunya adalah prosedur scaling gigi.

Apa itu scaling gigi?

Prosedur scaling gigi melibatkan penggunaan perangkat yang disebut ultrasonic scaler untuk membersihkan karang gigi.

karang gigi

Karang gigi, atau tartar adalah penumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Keberadaannya dapat membuat tampilan gigi terlihat tidak terawat karena plak yang mengeras cenderung memiliki warna yang kusam, mulai dari kuning kecokelatan hingga hitam.

Perangkat ultrasonic scaler menghasilkan getaran yang efektif dalam menghancurkan dan menghilangkan karang gigi dari sela-sela hingga ke bagian terdalam gigi. Selain itu, alat ini juga mampu membersihkan karang gigi di sepanjang garis gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa.

Ketika proses scaling dilakukan, Anda mungkin akan merasakan pembengkakan, rasa sakit, atau bahkan perdarahan pada gusi. Hal ini disebabkan karena karang gigi terletak di bawah garis gusi, sehingga dokter gigi harus meraihnya di bawah gusi yang dapat menyebabkan perdarahan.

Setelah proses scaling, efek yang muncul termasuk penyesuaian gigi yang berkarang untuk kembali bersih, serta peningkatan dalam perlekatan gusi pada gigi karena karang gigi yang mengurangi perlekatan tersebut telah dihilangkan.

Kapan Anda perlu melakukan scaling gigi?

Membersihkan karang gigi tidaklah cukup hanya dengan melakukan sikat gigi secara rutin atau menggunakan benang gigi saja. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi guna menjalani prosedur scaling. Proses scaling mampu menghilangkan karang gigi bahkan yang sangat keras sekalipun.

klinik gigi fdc dental clinic

Disarankan untuk menjalani prosedur scaling setiap enam bulan sekali. Namun, dalam kasus yang lebih parah, seperti adanya gejala penyakit gusi, sebaiknya prosedur scaling dilakukan secepat mungkin, bahkan bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Apa saja manfaat scaling gigi?

Setelah menjalani seluruh prosedur scaling gigi, Anda akan merasakan beberapa manfaat, termasuk:

  • Mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya.
  • Mencegah terjadinya loss of attachment akibat penyakit periodontitis yang dapat menyebabkan gigi lepas.
  • Menghilangkan noda gigi seperti bercak cokelat yang disebabkan oleh minuman seperti teh, kopi, atau kebiasaan merokok.
  • Mengurangi risiko bau mulut yang tidak sedap.
  • Menghemat biaya perawatan gigi di masa depan.

 

Persiapan sebelum scaling gigi

Sebelum melaksanakan prosedur ini, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap kondisi gigi dan mulut Anda. Dokter biasanya akan menanyakan tentang kesehatan gigi dan mulut Anda, serta kebiasaan perawatan gigi yang Anda lakukan.

Pastikan untuk memberitahukan dokter tentang semua obat yang sedang Anda konsumsi, baik itu suplemen makanan, vitamin, obat resep, obat non-resep, maupun obat herbal. Sampaikan juga riwayat penyakit dan alergi yang mungkin Anda miliki, terutama riwayat penyakit yang berhubungan dengan gangguan darah.

Penting untuk menjelaskan kondisi kesehatan Anda secara jelas dan terperinci. Hal ini penting karena ada beberapa penyakit sistemik yang memerlukan penyesuaian sebelum menjalani prosedur scaling. Semua informasi ini akan membantu dokter untuk menetapkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Setelah itu, dokter akan segera memeriksa lokasi karang gigi dengan menggunakan cermin kecil. Jika diperlukan, dokter mungkin akan melakukan rontgen gigi dengan sinar-X untuk melihat detail kondisi gigi Anda lebih lanjut.

Baca juga : 6 Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk Parah

Prosedur scaling gigi di dokter

Prosedur scaling gigi tidak memerlukan Anda untuk menginap di rumah sakit atau melakukan kunjungan berulang. Pembersihan karang gigi ini biasanya hanya memakan waktu sekitar 30 hingga 120 menit. Durasi scaling tergantung pada tingkat keparahan karang gigi. Jika plak dan karang gigi tidak terlalu banyak, proses scaling akan lebih cepat.

Beberapa langkah yang umum dilakukan selama prosedur scaling gigi meliputi:

  • Dokter akan melakukan scaling untuk mengangkat kerak gigi yang terletak di antara gusi dan dasar mahkota gigi. Dokter akan menggunakan ultrasonic scaler dan scaler manual untuk membersihkan plak dan karang gigi yang sulit dijangkau.
  • Dokter akan membersihkan area gigi dan gusi lainnya untuk menghilangkan bakteri yang tersisa. Anda juga akan diminta untuk berkumur beberapa kali.
  • Biasanya, setelahnya dilakukan proses polishing gigi untuk menghilangkan noda yang dihasilkan oleh karang gigi.

 

Pemulihan setelah scaling gigi

Setelah penyelesaian prosedur scaling, Anda akan diizinkan pulang langsung. Kemungkinan terjadi efek samping seperti pembengkakan gusi dan rasa tidak nyaman yang akan mereda dalam beberapa waktu. Oleh karena itu, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk menahan diri dari makan dan minum setidaknya selama 30-60 menit setelah scaling.

Jika diperlukan, dokter dapat memberikan resep obat pereda nyeri untuk mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan. Antibiotik dan obat kumur juga bisa diresepkan untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Obat kumur memiliki beragam jenis, beberapa di antaranya dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan gusi.

Baca juga : 8 Menu Buka Puasa Sehat, Enak dan Aman Buat Kesehatan Gigi Kamu

Penting untuk mengonsumsi antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan mengubah dosis obat secara sembarangan, karena penggunaan antibiotik yang tidak sesuai aturan dapat memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Adakah risiko apabila Anda tidak scaling gigi?

Scaling bukan hanya membersihkan gigi dari karang, tetapi juga mencegah kemunculan penyakit. Berikut adalah beberapa risiko penyakit yang disebabkan oleh karang gigi.

1. Masalah gigi

Karang gigi dapat menjadi tempat tinggal bagi sejumlah besar bakteri yang dapat menimbulkan berbagai masalah gigi, terutama bau mulut (halitosis). Bau mulut sering disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang menghasilkan gas sulfur (belerang), sehingga saat Anda menghembuskan napas melalui mulut, bau yang tidak sedap dapat tercium.

Selain itu, asam yang diproduksi oleh bakteri tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan pembentukan lubang pada gigi. Karang gigi juga memiliki potensi untuk mengikis tulang penyangga gigi, menyebabkan gigi menjadi longgar bahkan tanggal.

2. Gingivitis

Jika karang gigi dibiarkan tanpa penanganan, dapat mengeras dan menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis). Hal ini menyebabkan gusi menjadi meradang, bengkak, dan rentan berdarah. Seiring berjalannya waktu, kerusakan gigi atau karies pun dapat muncul.

3. Periodontitis

Jika gingivitis tidak diatasi, kondisi ini dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius, yaitu periodontitis. Penyakit ini mengakibatkan pembentukan kantong yang memperbesar jarak antara gusi dan gigi. Saat kantong tersebut terisi bakteri, sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia untuk mengatasi infeksi tersebut.

Reaksi dari zat kimia dan bakteri tersebut dapat merusak tulang gigi, yang pada akhirnya mengakibatkan kerusakan pada tulang, gusi, dan jaringan penyangga gigi. Tanpa pengobatan yang tepat, periodontitis dapat menyebabkan gigi menjadi tanggal atau lepas.

4. Penyakit jantung

Dikutip Mayo Clinic, bakteri yang bertanggung jawab atas penyakit gusi (periodontitis) juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bakteri yang terdapat dalam karang gigi mampu menginfeksi jaringan penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, yang kemudian dapat memengaruhi katup jantung.

Promo lainnya yang mungkin anda butuhkan

image-gambar-program-APPS-030

[New User] Pembersihan Karang Gigi 199K

Rp480.000

Rp199.000

Cek Sekarang