Detail Artikel

image-undefined

Cabut Gigi

Gigi Bungsu Belum Tumbuh? Tetap Bisa Pasang Behel Gigi Kok!

By fdc Dental Clinic

2089

Gigi Bungsu Belum Tumbuh? Tetap Bisa Pasang Behel Gigi Kok!

Gigi bungsu seringkali jadi hal yang ditunggu-tunggu. Apalagi dalam pemasangan behel gigi, gigi bungsu juga sering disebut sebagai tantangan tersendiri. Gigi yang satu ini tumbuh paling terakhir di antara gigi yang lain. Umumnya, gigi bungsu akan muncul saat umur 18 hingga 20 tahun. Akan tetapi, tidak semua orang akan mengalami munculnya gigi bungsu pada umur tersebut karena posisinya di bawah gusi pun juga tertahan oleh gigi yang ada di depannya. 

Mungkin kondisi gigi bungsu yang belum tumbuh membuatmu ragu untuk menggunakan behel gigi. Apakah kalau pasang behel gigi sekarang, kemunculan gigi bungsu bisa membuat proses merapikan gigi jadi sia-sia tidak ya? Nyatanya, dengan kondisi tersebut, kamu tetap bisa menggunakan behel gigi kok! Kondisi gigi yang disarankan untuk tidak menggunakan behel adalah mereka yang gigi dan gusinya tidak sehat.

Apa Penyebab Gigi Bungsu?

Adanya gigi bungsu adalah hal yang umum. Gigi-gigi ini umumnya mulai tumbuh ketika seseorang berusia antara 17 hingga 25 tahun. Nyeri yang terkadang muncul pada gigi ini sering disebabkan oleh keterbatasan ruang dalam rahang yang menghambat pertumbuhannya.

Gigi bungsu dapat mengalami impaksi jika:

  • Tidak memiliki cukup ruang di rongga mulut.
  • Ada hambatan atau halangan di area gigi tumbuh.
  • Gigi tumbuh dalam posisi yang tidak normal. Seperti miring ke arah gigi lain.

Faktor Risiko Gigi Bungsu Jika Dibiarkan

Beberapa faktor risiko nyeri pada gigi ini, yaitu:

  • Berusia 17–25 tahun
  • Memiliki struktur rahang yang kecil atau sempit. Rahang yang kecil dan sempit menyebabkan gigi ini tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh dengan baik.

Apa Gejala Gigi Bungsu?

Anda dapat mengetahui pertumbuhan gigi bungsu melalui pemeriksaan rontgen gigi yang dilakukan oleh dokter menggunakan sinar-X panoramik. Prosedur ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran seluruh gigi dan rahang, sehingga posisi gigi baru dapat teridentifikasi.

Selain menggunakan rontgen, tanda-tanda pertumbuhan gigi ini juga dapat dikenali melalui gejalanya. Beberapa gejala yang sering terkait dengan pertumbuhan gigi ini termasuk:

  • Pembengkakan gusi, biasanya di belakang gigi geraham kedua.
  • Sakit rahang.
  • Gusi berdarah atau lunak.
  • Kesulitan membuka mulut lebar-lebar.
  • Rasa tidak enak pada mulut.
  • Bau mulut.

Misalnya memiliki gigi yang berlubang. Jadi, kalau gigi bungsumu belum tumbuh, tenang saja… Kamu tetap bisa menggunakan behel gigi dengan beberapa syarat dan persiapan ekstra. 

Simak 3 Syarat Pasang Behel Gigi Kalau Gigi Bungsu Belum Tumbuh

1. Bertanya pengalaman ke kerabat dengan masalah serupa

Sebelum ke klinik atau dokter gigi profesional, tidak ada salahnya untuk bertanya pada kerabat yang juga menggunakan behel gigi atau sudah selesai menggunakan behel gigi. Dengan mendengar cerita mereka saat persiapan menggunakan behel gigi, kamu bisa jadi lebih yakin untuk segera menemui dokter gigi profesional. Bahkan, jika kamu merasa khawatir pergi sendiri, kamu bisa mengajak mereka untuk menemanimu selama pergi konsultasi ke dokter gigi profesional.

2. Konsultasikan ke dokter gigi profesional

Ketika masuk ke ruang periksa, konsultasikan kondisi gigimu yang membuat ragu untuk memasang behel gigi. Dalam kasus ini adalah gigi bungsu yang belum muncul. Dokter gigi profesional yang mengetahui kondisi ini pasti bisa membantumu menstrategikan langkah-langkah sebelum pasang behel gigi. Umumnya, akan disarankan untuk melakukan rontgen. Hasilnya akan membuat dokter gigi profesional lebih mengenal kondisi gigimu. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada langkah perawatan lain yang perlu dijalani. 

3. Melakukan persiapan yang lebih matang 

Nyatanya, memasang behel gigi bukanlah proses instan. Karena ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Apalagi jika kondisi gigi bungsumu belum tumbuh. Dokter gigi profesional bisa merekomendasikanmu melakukan tindakan sesuai kebutuhan kamu. Prosesnya memang bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama, tapi semuanya worth it banget. 

Dapatkan Pemasangan Behel Gigi dengan Cicilan Hanya Rp200 ribuan perbulan!

Gimana? Jadi semakin yakin untuk pasang behel kan? Biar semakin untung, ada tawaran menarik dari FDC Dental Clinic lho! Di sini kamu bisa pasang behel dengan bayar mencicil hanya Rp200 ribuan perbulan, pas banget kamu yang mau tetap hemat tapi gigi bisa tetap rapi. Kamu bisa mendapat pemasangan dan perawatan behel optimal dengan harga yang terjangkau. Syaratnya adalah mendownload aplikasi FDC Dental Clinic di sini. Sudah ada lebih dari 500.000 pasien yang merasakan manfaat perawatan di FDC Dental Clinic. Cabang yang berjumlah 41 cabang dan tersebar di berbagai kota seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, Malang, Sidoarjo, dan Surabaya memang memudahkan pasien seperti kamu untuk datang dengan akses yang mudah. Kamu bisa pilih cabang yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu sebelum pasang behel gigi! Klik di sini untuk download aplikasi dan dapatkan diskonnya!