Detail Artikel

image-undefined

Tambal Gigi

Berikut Jenis Tambal Gigi Beserta Harganya

By FDC Dental Clinic

9051

Jenis tambal gigi, untuk kamu yang pernah menambal gigi mungkin masih bertanya bahan apa yang digunakan untuk menambal gigi? Jenis tambal gigi berbeda-beda begitu juga dengan bahan yang digunakan. Tambal gigi adalah jalan terbaik untuk kamu lakukan jika mengalami gigi berlubang.

Gigi berlubang akan bisa ditambal jika belum terlalu parah kondisinya, jika keadaan gigi sudah parah dan dokter tidak menyarankan untuk menambalnya maka jalan satu-satunya adalah dengan mencabut gigi.

Gigi berlubang muncul karena menumpuknya plak pada gigi, hal ini terjadi karena kebersihan gigi tidak terjaga. Sisa makanan yang terdapat di gigi bisa menimbulkan banyak bakteri yang dapat memproduksi zat asam, zat asam lama kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang.

Oleh sebab itu kamu wajib menjaga kebersihan gigi serta mulut setiap hari, hal awal yang harus kamu lakukan adalah menyikat gigi sebanyak dua kali sehari.

Bukan berarti hanya dengan menyikat gigi sudah selesai masalah gigi, kamu juga harus rutin periksa kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Rutin periksa gigi ke dokter gigi akan membuat kondisi kesehatan gigi akan tetap terjaga pastinya.

Pengobatan Gigi Berlubang

Inidia-Jenis-Tambal-Gigi-Beserta-Harganya
Gigi Berlubang

Untuk kamu yang mengalami gigi berlubang ada beberapa cara untuk mengobatinya. Kamu yang mengalami gigi berlubang pasti akan merasakan sakit bukan? Pengobatan ini akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit tersebut. Berikut pengobatan yang dapat kamu lakukan.

Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan pengobatan yang paling umum kita jumpai pada kasus gigi berlubang. Gigi berlubang masih bisa ditambal jika kondisinya belum terlalu parah, dalam kata lain masih tahap awal. Dokter akan membersihkan gigi yang berlubang terlebih dahulu baru melakukan penambalan.

Crown

Crown gigi alias mahkota gigi palsu, crown akan dilakukan jika kondisi gigi yang berlubang sudah mengalami kerusakan lebih parah. Crown akan dipasang untuk menggantikan mahkota gigi asli, proses pemasangan akan dilakukan setelah gigi yang rusak dikikis terlebih dahulu.

Gigi akan dikikis sebagian dengan menyisakan bagian kecil yang berfungsi untuk dudukan mahkota gigi palsu (crown).

Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar (PSA) akan dilakukan jika kerusakan gigi sudah mencapai akarnya. Hal ini dilakukan agar gigi berfungsi kembali dan tidak harus mencabutnya.

Cabut Gigi

Ini adalah jalan terakhir dari pengobatan gigi berlubang, jika gigi berlubang sudah tidak bisa ditambal maka dokter akan menyarankannya untuk mencabut gigi kalian.

Itu tadi adalah pengobatan yang bisa dilakukan ketika mengalami gigi berlubang, ketika kerusakan gigi berlubang sudah semakin parah, hal yang bisa dilakukan adalah mencabutnya.

Jika kamu tidak ingin ompong maka kamu bisa menggantinya dengan gigi palsu. Gigi palsu akan menggantikan gigi yang dicabut tepat diarea yang sama pastinya.

Setelah mengetahui cara pengobatan untuk gigi berlubang, selanjutnya adalah jenis tambal gigi. Jenis tambal gigi ada beberapa, dengan bahan-bahan berbeda. Berikut jenis-jenis tambal gigi:

Jenis-Jenis Tambal Gigi

Inidia-Jenis-Tambal-Gigi-Beserta-Harganya
Tambal Gigi Amalgan

Tambal gigi amalgam

Amalgam termasuk dalam jenis tambal gigi yang harganya masih terjangkau, amalgam mengandung logam dan juga merkuri. Kandungan merkuri pada amalgam tergolong rendah, namun walau begitu tetap berbahaya bagi tubuh.

Penggunaan tambal gigi jenis amalgam ini sudah jarang digunakan untuk menambal gigi, walau masih ada yang menggunakannya.

Walau begitu belum ada kasus dari bahan tambal gigi ini yang fatal, sampai menyebabkan kematian contohnya. Kelebihan dari bahan ini adalah murah, kuat, tahan lama, dan proses penambalan cepat.

Dibalik kelebihan ada juga yang namanya kekurangan, kekurangan dari bahan ini adalah warna yang berbeda dari gigi, dan bisa menyebabkan alergi.

Tambal gigi resin komposit

Bahan tambal gigi yang satu ini adalah campuran partikel plastik, dan kaca halus. Kelebihan tambal gigi ini adalah warnanya yang sama dengan gigi, jadi tidak menimbulkan kesan tambalan pada gigi. Jenis tambalan ini juga bisa bertahan selama 4 sampai 8 tahun, tergantung bagaimana kamu merawatnya.

Kelebihan bahan ini adalah tahan lama, warna sama dengan gigi asli, dan dapat meminimalisir retakan pada gigi. Dengan kekurangan sebagai berikut harga lebih mahal dari jenis amalgam, proses untuk pemasangan tergolong lama, dan dibanding dengan jenis amalgam daya tahannya lebih rendah.

Tambal gigi emas

Tambal gigi emas termasuk tambal gigi yang memiliki kekerasan yang paling keras diantara jenis tambal gigi lainnya. Tambal emas ini juga memiliki daya tahan yang paling lama dibanding dengan yang lainnya.

Tahapan-tahapan dari penambalan gigi ini memerlukan waktu yang lebih lama dari jenis tambal gigi yang lain, karena perlu dibuat dulu cetakannya terlebih dahulu di laboratorium sebelum dilakukan penambalan. Untuk harganya tentu lebih mahal dari jenis tambal gigi lainnya.

Biaya Tambal Gigi

Inidia Jenis Tambal Gigi Beserta Harganya

Harga dari setiap jenis tambal gigi ini berbeda-beda sesuai dengan bahan yang digunakan dan sejauh mana kerusakan gigi yang kamu alami. Maka dari itu kamu wajib melakukan perawatan gigi secara rutin, bila perlu setiap 6 bulan sekali rutin memeriksakan kesehatan gigi di klinik gigi.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali. Klinik gigi, ya FDC.

Sumber:

https://www.fdcdentalclinic.co.id/jenis-jenis-tambal-gigi