Detail Artikel

image-undefined

Informasi

6 Tips Berpuasa Sehat, Anti Lelah & Ngantuk yang Wajib Kamu Terapkan

By fdc Dental Clinic

138

6 Tips Berpuasa Sehat, Anti Lelah & Ngantuk yang Wajib Kamu Terapkan

Tips menjalani puasa dengan sehat sangat penting bagi kamu yang sedang menjalani ibadah ini agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika puasa dilakukan dengan benar, akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatanmu.

Banyak yang cenderung menjadi malas dan merasa lesu saat menjalani puasa karena kebiasaan buruk selama menjalankan ibadah ini.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat kamu lebih mudah merasa ngantuk selama menjalani ibadah puasa. Faktor-faktor tersebut termasuk kurangnya konsumsi buah dan sayur serta kebiasaan makan berlebihan saat sahur dan berbuka.

Banyak orang memilih untuk tidur lebih banyak selama bulan puasa, yang juga dapat menyebabkan rasa lelah yang lebih cepat.

Untuk menghindari kebiasaan buruk ini, penting untuk mengikuti 6 Tips Berpuasa Sehat , Anti Lelah & Ngantuk. Jangan lupa untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa dan sahur. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Baca juga: Bahaya Karang Gigi, dan Bagaimana Cara Penanganannya

Tips Berpuasa Sehat , Anti Lelah & Ngantuk

1. Pilih makanan yang sehat

Tips yang pertama adalah kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat selama puasa. Tidak hanya saat puasa saja setiap haripun kamu wajib mengonsumsi makanan yang sehat.

makanan yang sehat

Saat sedang berpuasa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Makanan yang bisa kamu adalah buah dan sayuran, kamu bisa pilih sesuai yang kamu suka.

2. Minum cukup air

air minum yang cukup

Lebih dari tubuh kita adalah 50%nya air, sehingga kita butuh mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dalam sehari. Jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari adalah 8 gelas sehari, atau jika dalam ukuran liter sama dengan 2 liter.

3. Pola makan sahur

makan sahur

Disaat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak, dan jangan juga berlebihan saat bersantap sahur.

4. Pola makan saat berbuka

Sebaik saat berbuka puasa jangan mengonsumsi minuman dingin, sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat. Konsumsilah makanan yang ringan terlebih dahulu jangan langsung konsumsi makanan yang berat.

makan buka puasa

Untuk kamu yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega.

5. Tetap makan 3x sehari

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sebaiknya Anda tetap makan tiga kali sehari, yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

Untuk menjaga gizi tubuh anda, dan juga untuk menjaga kebugaran tubuh saat sedang menjalankan puasa.

6. Cara mengolah makanan

Kurangin makanan yang disajikan dengan cara digoreng, pilihlah yang dipanggang ataupun dibakar. Makanan yang digoreng merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

makanan di goreng

Inilah beberapa tips untuk menjalani puasa dengan sehat. Ingatlah bahwa berpuasa dapat membawa manfaat kesehatan bagi tubuhmu. Banyak ahli diet dunia menyarankan untuk berpuasa sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Selain itu, penting untuk menjaga pola makanmu selama menjalankan ibadah puasa.

Pastikan agar tidak mengalami kelelahan selama berpuasa dengan memperhatikan asupan makanan yang sehat dan mengatur pola makan dengan baik.

Beberapa orang cenderung untuk makan berlebihan saat berbuka puasa, namun ini adalah salah kaprah. Sebaiknya, makan secukupnya saat berbuka, dan kemudian baru makan makanan yang lebih berat, seperti nasi dan lauk-pauk, dua jam setelahnya.

Selalu penting untuk memeriksa kesehatan gigimu secara rutin ke dokter gigi. Jangan menunggu sampai sakit baru pergi ke dokter. Selamat menjalankan ibadah puasa FDCiers!

Promo lainnya yang mungkin anda butuhkan

image-gambar-program-APPS-030

[New User] Pembersihan Karang Gigi 199K

Rp480.000

Rp199.000

Cek Sekarang