Detail Artikel

image-undefined

Tambal Gigi

5 Bahaya dari Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama

By FDC Dental Clinic

17637

Bahaya gigi berlubang – Mungkin banyak dari kalian yang pernah ataupun saat ini sedang mengalami gigi berlubang. Penyakit gigi yang satu ini sangatlah sering dijumpai, mulai dari anak-anak sampai usia dewasa.

Gigi berlubang harus dicegah sejak dini agar tidak timbul lubang yang makin lama akan lebih besar lagi. Jika lubang pada gigi mulai membesar akan terasa nyeri, rasa nyeri akan mengganggu aktifitas kamu sehari-hari pastinya.

Perlu diketehui gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang banyak dijumpai. Gigi berlubang timbul akibat kamu malas menjaga kesehatan gigi, jika kamu malas menjaga kesehatan gigi.

Tidak hanya gigi berlubang yang dapat timbul namun penyakit gigi lainnya juga nanti akan timbul nantinya. Penyakit gigi bisa timbul akibat sisa makanan yang masih tertinggal di gigi.

Untuk mencegah gigi berlubang, kamu bisa melakukan perawatan rutin dirumah dengan menyikat gigi, menyikat atau menggosok gigi secara rutin setiap dua kali sehari akan membuat kamu terhindar dari penyakit gigi.

Selain perawatan rutin dirumah, kamu juga wajib periksa kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Perawatan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, bertujuan agar kamu terhindar dari penyakit gigi serta kamu juga dapat mendeteksi penyakit sejak dini. Jangan tunggu sampai sakit baru ke dokter gigi, ini merupakan hal yang salah.

Jika kamu telah merasakan sakit yang hebat baru kedokter gigi, kamu mungkin akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan dan pengobatannya.

Hal ini dikarenakan penyakit yang kamu derita sudah semakin parah, tidak seperti jika kamu melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan sekali.

Bahaya Gigi Berlubang

5 Bahaya dari Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama

Mungkin kamu masih menganggap sepele jika gigi kamu berlubang. Namun dibalik itu semua terdapat bahaya gigi berlubang yang dapat menyerang kamu.

Mempengaruhi struktur rahang

Gigi berlubang yang terlalu lama dibiarkan akan membahayakan bagi gigi lainnya yang masih sehat. Selain pada gigi lainnya, gigi berlubang yang terlalu lama juga akan menyebabkan masalah pada gusi. Gigi yang berlubang bisa mengakibatkan gusi kamu infeksi.

Selain mempengaruhi kesehatan gigi lainnya dan juga gusi, gigi berlubang juga berpengaruh pada struktur rahang kamu nantinya. Gigi berlubang yang terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada bagian tulang rahang.

Gigi bisa mati

Gigi mati hanya bisa diketahui oleh dokter gigi, dengan pemeriksaan rutin. Biasanya jika terdapat gigi mati, kamu tidak akan merasakan sakit apapun.

Bagian pulpa pada gigi terdapat pembuluh darah serta saraf jika ini tidak berfungsi maka akan bisa dinyatakan bahwa gigi tersebut adalah gigi mati. Kamu bisa mendeteksi gigi mati dengan cara melihat warna gigi.

Warna gigi yang mati biasanya berwarna kuning hingga yang paling parah adalah berwarna hitam. Jika kamu mengalami kondisi seperti ini kamu harus segera periksa ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Gigi patah

Pada area gigi yang berlubang cenderung mudah patah, ini bisa terjadi apabila kamu menggigit makanan yang bertekstur keras diarea gigi yang berlubang. Makanan yang terlalu keras atau alot sangatlah sulit digigit, dan membuat tekanan pada gigi jadi lebih besar.

Gigi yang patah sama dengan gigi mati, kamu tidak akan merasakan sakit jika mengalaminya. Namun kamu harus segera ke dokter gigi untuk memeriksakannya, serta untuk meminimalisir penyakit lainnya.

Penyakit gusi

Jika gusi sudah terserang maka hal yang akan kamu rasakan adalah nyeri. Biasanya gusi akan bengkak disertai warna yang lebih merah serta gusi mudah berdarah saat kamu melakukan sikat gigi.

Terserang stroke

Ini sangat berbahaya dapat menyebabkan kematian, gigi berlubang yang awalnya hanya menyerang gusi lama kelamaan akan menyebabkan stroke.

Penyakit gusi yang tidak kamu segera obati akan membawa banyak kuman penyakit yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah pada otak akan menyebabkan kamu terserang penyakit stroke.

Jika kamu tidak ingin mengalami penyakit diatas, sebaiknya kamu melakukan perawatan gigi secara rutin.

Ikuti saran dokter untuk mendapatkan kesehatan gigi yang maksimal, jangan malas untuk menyikat gigi setiap 2 kali sehari.

Kamu juga bisa menggunakan obat kumur dan juga benang gigi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah tadi bahaya dari gigi berlubang yang dibiarkan terlalu lama. Menjaga kesehatan gigi secara rutin sangatlah menjadi hal yang wajib kamu lakukan setiap hari.

Menggosok gigi secara rutin sangatlah efektif untuk membuat kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik.

Nah, ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Sumber:

https://www.fdcdentalclinic.co.id/bahaya-membiarkan-gigi-berlubang