Detail Artikel

image-undefined

Behel Gigi

5 Alasan Mengapa Kontrol Behel Sebaiknya Tidak Pindah Dokter Gigi

By fdc Dental Clinic

2674

5 Alasan Mengapa Kontrol Behel Sebaiknya Tidak Pindah Dokter Gigi

Memasang behel guna mendapatkan gigi yang rapi dan senyum yang memikat adalah langkah yang lazim diambil oleh banyak individu. Proses ini membutuhkan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk memantau kemajuan dan melakukan penyesuaian pada perangkat behel. Dapat dikatakan bahwa tahapan ini melambangkan komitmen jangka panjang.

Baca juga artikel lainnya: 

Saat Anda telah menemukan dokter gigi yang cocok dan merasa nyaman dengan perawatan behel yang diberikan, mungkin timbul pertanyaan di benak, "Apakah ada dokter lain yang mungkin lebih baik di luar sana?"

behel gigi

5 Alasan Mengapa Penting Untuk Menjalani Kontrol Behel Dengan Dokter Yang Sama, Beserta Solusinya!

Mempertimbangkan untuk mengganti dokter gigi, terutama setelah merasa nyaman dengan yang saat ini, bukanlah keputusan yang bijaksana. Jadi, lebih baik tidak melakukannya. Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk tetap konsisten dengan dokter yang sama untuk kontrol behel:

1. Memahami Rencana Perawatan

Setiap dokter gigi mungkin memiliki pendekatan dan rencana perawatan yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien. Sebelum memasang behel, dokter gigi akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan menyusun rencana perawatan yang spesifik berdasarkan kondisi rahang dan gigi Anda.

Berpindah ke dokter gigi lain selama proses perawatan dapat mengganggu kesinambungan rencana perawatan ini. Dokter gigi baru mungkin tidak memiliki akses penuh terhadap riwayat medis dan rencana perawatan Anda yang lalu, sehingga mereka mungkin perlu memulai kembali perawatan dari awal, yang dapat memperpanjang durasi dan biaya perawatan.

2. Kecocokan dan Keakraban

Dokter gigi yang memasang behel telah mengenal baik kondisi gigi Anda dan cara kerja behel pada gigi Anda. Selama proses ini, hubungan kepercayaan biasanya terbentuk melalui komunikasi yang berkelanjutan, karena Anda akan merasa dipantau dan didukung secara aktif selama perawatan. Membangun relasi dan kepercayaan dengan dokter gigi sangat penting untuk kelancaran perawatan. Pindah ke dokter lain akan membutuhkan waktu untuk membangun kembali hubungan dengan dokter gigi baru.

3. Kelancaran Perawatan

Pengawasan rutin behel biasanya dilakukan setiap 3-4 minggu sekali. Beralih ke dokter lain dapat mengganggu jadwal kontrol dan penyesuaian behel dengan pergerakan gigi dan rahang Anda. Dokter gigi yang baru mungkin memerlukan waktu untuk memahami kasus Anda, yang bisa menunda perataan gigi.

Kontrol rutin juga penting untuk mendeteksi masalah atau komplikasi yang mungkin muncul selama penggunaan behel. Dengan memeriksa gigi secara berkala, dokter gigi dapat mengidentifikasi potensi masalah seperti pergeseran kawat yang berlebihan atau iritasi pada jaringan lunak di mulut, dan mengambil tindakan yang diperlukan sebelum masalah tersebut menjadi lebih serius.

4. Ketepatan Penyesuaian

Penyesuaian behel merupakan proses yang kompleks, membutuhkan keahlian, dan pengalaman. Dokter gigi yang memasang behel Anda sudah terbiasa dengan kondisi Anda dan mengetahui secara pasti bagaimana behel harus disesuaikan untuk mencapai hasil akhir yang optimal. Beralih dokter dapat menyebabkan kesalahan dalam penyesuaian behel, yang dapat memperpanjang waktu perawatan atau bahkan menyebabkan kerusakan pada gigi.

5. Biaya Tambahan

Beralih dokter dapat mengakibatkan biaya tambahan seperti biaya konsultasi awal, pemeriksaan rontgen, dan pembuatan cetakan gigi baru. Jika Anda ingin menghindari biaya tambahan tersebut, Anda perlu tetap melakukan kontrol behel dengan dokter gigi yang sama. Jadi, jika Anda ingin beralih dokter, Anda harus bersiap untuk mengulang beberapa kategori biaya kembali.

Solusi Jika Ada Ketidakcocokan dengan Dokter Gigi

Jika Anda merasa tidak cocok dengan dokter gigi yang memasang behel, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan:

  • Komunikasikan dengan Dokter Gigi

Langkah pertama adalah mencoba menyelesaikan masalah dengan berbicara langsung kepada dokter gigi Anda. Jelaskan dengan apa saja hal yang bisa membuat Anda tidak nyaman.

  • Sampaikan Perkembangan yang Anda Rasakan

Ceritakan secara terbuka apa yang Anda rasakan di setiap proses treatment, hal ini bisa membantu dokter gigi Anda menyelesaikan permasalahan.

  • Pindah Dokter di Akhir Fase Perawatan

Jika Anda ingin pindah dokter, sebaiknya tunggu sampai fase perawatan behel Anda selesai. Pindah dokter di tengah fase perawatan dapat berisiko mengganggu rencana perawatan dan memperpanjang waktu dan biaya.

Mengganti dokter sebenarnya diperbolehkan dalam beberapa situasi, seperti jika Anda pindah ke kota lain atau memiliki kebutuhan mendesak lainnya. Namun, jika Anda terpaksa mengganti dokter, disarankan untuk menyertakan rekam medis, cetakan awal, dan foto lengkap dari awal pemasangan behel. Ini bisa membantu untuk melanjutkan perawatan tanpa harus memulainya dari awal, meskipun semua tergantung pada kebijakan dokter atau klinik baru yang Anda kunjungi.

Anda bisa melakukan penyesuaian perawatan dengan dokter gigi di FDC Dental Clinic yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Sidoarjo, Makassar, & Bali. Anda bisa cek lokasi disini atau langsung melakukan konsultasi dengan dokter gigi melalui aplikasi atau website FDC Dental Clinic.

Semoga dengan tips ini, Anda bisa memutuskan dengan lebih bijaksana sebelum memutuskan untuk pindah dokter. Semoga perawatan Anda mendapatkan kelancaran, ketepatan, dan efisiensi dalam setiap prosesnya. Sehingga senyuman indah yang Anda impikan bisa segera terwujud. Sehat selalu!

Promo lainnya yang mungkin anda butuhkan

image-gambar-program-APPS-001

[New User] Behel Metal 1.750K

Rp6.330.000

Rp1.750.000

Cek Sekarang