fbpx

Veneer Gigi

Veneer gigi adalah prosedur perawatan yang dikerjakan oleh dokter gigi untuk mempercantik warna, bentuk dan posisi gigi. Perawatan ini biasanya digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak serta tidak sejajar.

Veneer direct maupun indirect ini berbeda dengan perawatan bleaching gigi. Perawatan gigi ini biasanya dipilih jika kondisi gigi ada yang patah. Saat ini perawatan gigi ini sangatlah banyak penggemarnya, tidak hanya kamu wanita saja. Banyak kaum pria & wanita yang sudah melakukan perawatan gigi ini, hal ini karena hasil yang tercipta sesuai keinginan.

APA MANFAAT MELAKUKAN PERAWATAN VENEER GIGI?

  • Veneer bermanfaat untuk memperbaiki keadaan gigi yang mengalami kerusakan seperti gigi renggang, serta mempercantik warna gigi.
  • Mampu melapisi gigi yang patah, retak hingga rusak menjadi utuh kembali.
  • Veneer mampu membantu meratakan posisi gigi dan lapisannya membuat gigi lebih rapi dan rata

APA SIH INDIKASI HARUS MELAKUKAN VENEER GIGI ?

Veneer gigi umumnya diminta pasien untuk alasan kosmetik dan memperbaiki penampilan. Dengan veneer, warna gigi dapat menjadi lebih cerah, serta dapat membuat senyum seseorang lebih simetris. Veneer gigi dapat juga dilakukan untuk memperbaiki:

  • Gigi patah atau rusak.
  • Rongga antar gigi yang tidak seragam.
  • Gigi runcing atau berbentuk tidak wajar.
  • Gigi yang lebih kecil dari gigi sekitarnya.
  • Perubahan warna pada gigi yang tidak dapat dihilangkan dengan pemutih gigi.

Veneer tidak bisa sembarangan dipasang pada tiap orang. Beberapa orang yang sebaiknya tidak menjalani veneer gigi adalah:

  • Orang yang giginya tidak sehat, seperti penderita penyakit gusi.
  • Orang yang enamel giginya sudah tergerus, sehingga tidak bisa dipasang veneer.
  • Orang yang giginya rapuh diakibatkan oleh pembusukan, patah, atau adanya tambalan gigi yang cukup besar.

APA SAJA PERSIAPAN MELAKUKAN VENEER GIGI ?

Sebelum veneer gigi dilakukan, pasien akan menjalani pengecekan awal. Dokter gigi akan mengevaluasi kondisi gigi dan mulut pasien untuk memastikan tidak ada tanda-tanda penyakit gigi atau gusi, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, perdarahan gusi, atau penyakit akar gigi.

Dokter juga akan melakukan foto Rontgen panoramik gigi untuk memastikan kesehatan gigi. Setelah pemeriksaan awal, gigi pasien akan digerus terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan enamel gigi. Proses penggerusan ini bisa menggunakan bius lokal atau tanpa bius tergantung jenis venner gigi yang pasien pilih.

Gigi pasien yang akan dipasangi veneer kemudian diukur menggunakan alat cetakan khusus dan cetakan ini akan menjadi dasar pembuatan veneer yang akan dipasang pada pasien.

Dokter gigi juga dapat memastikan kerapian gigi agar veneer yang dipasang dapat serasi dengan gigi lainnya

APA SAJA PROSEDUR MELAKUKAN VENEER GIGI ?

Langkah pertama pemasangan veneer gigi adalah menyocokkan ukuran, bentuk, dan warna gigi dengan veneer gigi yang akan dipasang. Bila diperlukan, veneer gigi akan dikikis sehingga terlihat sesuai. Setelah dicocokkan, dokter akan membersihkan permukaan gigi yang akan dipasangi veneer dengan saksama untuk memastikan permukaan gigi bersih dari bakteri dan terhindar dari kerusakan.

Dokter gigi akan melakukan penggerusan enamel gigi kembali, agar permukaan gigi menjadi kasar, sehingga memudahkan veneer menempel di permukaan gigi dan menempel lebih lama. Veneer kemudian ditempelkan pada gigi menggunakan zat semen khusus agar menempel dengan kuat. Sinar ultraviolet dapat digunakan untuk membantu mengeringkan zat semen tersebut lebih cepat. Proses pemasangan veneer ini kurang lebih sekitar 30 menit.

Jika dirasa sudah menempel dengan baik, dokter akan melakukan pengaturan veneer terakhir untuk memastikan veneer menempel dengan baik dan membuang zat semen yang tersisa. Dokter akan menguji kemampuan menggigit pasien setelah dipasangi veneer. Dokter juga akan mengatur jadwal kontrol untuk memastikan veneer terpasang dengan baik.

SETELAH PEMASANGAN VENEER GIGI ?

Masa pemulihan pasien pasca prosedur veneer gigi tidak lama dibanding tindakan medis gigi lainnya. Pasien yang sudah menjalani pemasangan veneer gigi dapat langsung makan atau minum. Pada beberapa kasus, gigi yang baru ditempeli veneer akan terasa aneh dan kasar. Ini biasanya berasal dari sisa-sisa semen gigi yang menempel dan mengering di permukaan gigi. Sisa-sisa semen tersebut akan tergerus dengan sendirinya, namun jika masih ada setelah berhari-hari, pasien dapat meminta dokter gigi untuk menghilangkan sisa semen tersebut.

Veneer porselen umumnya dapat bertahan hingga 10-15 tahun sedangkan veneer komposit dapat bertahan selama 5-7 tahun. Untuk menjaga umur veneer, pasien dapat menerapkan langkah-langkah pemeliharaan, seperti:

  • Jangan menggunakan gigi untuk membuka bungkusan.
  • Jangan mengunyah benda keras, seperti es
  • Usahakan untuk tidak mengunyah makanan menggunakan gigi depan.
  • Hilangkan kebiasaan buruk suka menggigit Jaga gigi pada saat berolahraga dengan mengenakan pelindung mulut.

Konsultasi Kesehatan Gigimu

Gratis Bersama Dokter Berpengalaman

Telp : (021) 86601509

Frequently Asked Questions

Berapa lama veneer bertahan ?

Veneer porselen umumnya dapat bertahan hingga 10-15 tahun sedangkan veneer komposit dapat bertahan selama 5-7 tahun.  Tetapi kondisi tersebut tergantung bagaimana pasien merawat kondisi giginya.

Apa perbedaan veneer porcelain dan veneer komposit ?

Perbedaannya terletak pada bahan lapisan yang digunakan.

Hubungi Kami

Telp

(021) 86601509

Whatsapp

0811 1220 5836

LOKASI KAMI

6 Cabang di Jakarta

1 Cabang di Depok

1 Cabang di Bandung

3 Cabang di Tangerang

1 Cabang di Bogor

Form Reservasi

Share This