Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Gingivitis

Tentang Gingivitis – Gingivitis adalah penyakit peradangan pada gusi, yang disebabkan oleh bakteri. Gejala awal yang biasa timbul adalah gusi menjadi merah, serta gusi mudah berdarah.

Gingivitis dapat muncul karena disebabkan oleh kondisi kesehatan gigi yang tidak kamu jaga dengan baik. Sisa – sisa makanan yang masih tertinggal menyebabkan bakteri mudah sekali dalam berkembang biak.

Ketika kamu malas dalam merawatan kesehatan gigi dan mulut, banyak penyakit yang akan timbul.

Hal yang akan terjadi adalah, mulut menjadi bau, radang gusi, gigi tanggal, dan yang sampai membahayakan adalah kanker mulut.

Kamu gak mau kan terkena penyakit tersebut? Maka dari itu kamu harus menjaga kesehatan gigi sejak dini untuk mencegah semua penyakit tersebut.

Penyebab Timbulnya Gingivitis

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Gingivitis

Gingivitis disebabkan oleh plak, lapisan bakteri yang lembut dan tidak berwarna yang terus-menerus terbentuk pada gigi dan gusi. Jika plak tidak dihilangkan dengan menyikat gigi ataupun dengan melakukan flossing setiap hari.

Maka dihasilkan toksin yang akan dapat mengiritasi jaringan gusi kamu, dan dapat menyebabkan peradangan pada gusi.

Berbagai faktor yang mungkin dapat memperburuk pada penyakit gusi adalah stres, merokok, obat-obatan seperti steroid, kebersihan gigi yang buruk, dan pola makan yang buruk.

Yang terdiri dari konsumsi gula dan karbohidrat yang banyak. Selain itu, bakteri penyebab gingivitis dapat ditularkan dari orang tua ke anak-anak.

Dan ditukar antara pria dan wanita yang hidup bersama dengan berbagi peralatan perak, peralatan, air liur, dan gelas minum.

Cara Mencegah Gingivitis

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Gingivitis

Untuk mencegah terjadinya gingivitis hal yang pertama harus kamu lakukan adalah merawat kesehatan gigi dengan baik. Gingivitis disebabkan oleh penumpukan plak, yakni kumpulan bakteri yang membentuk lapisan lengket dan transparan pada gigi setelah memakan makanan manis.

Kamu dapat mencegah penumpukan plak dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Menyikat gigi secara teratur merupakan langkah pertama untuk mencegah gingivitis.

Baca juga: Tambal gigi beserta manfaatnya

Selain menyikat gigi secara teratur kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk mencegah gingivitis. Obat kumur dapat dengan mudah kamu gunakan, hanya dengan berkumur-kumur saja.

Gunakan lah obat kumur beberapa menit setelah kamu menyikat gigi. Jangan langsung menggunakannya, karena dapat menggangu kinerja fluoride yang ada di pasta gigi.

Untuk menyempurnakan perawatan tadi kamu juga harus rajin untuk kontrol ke dokter gigi. Kamu bisa melakukannya setiap 6 bulan sekali, lakukan lah perawatan scalling setiap 6 bulan sekali.

Perawatan scalling sangat ampuh untuk menghilangkan plak serta karang gigi penyebab terjadinya gingivitis.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

%d blogger menyukai ini: