fbpx

Tambal Gigi

Tambal Gigi adalah jenis perawatan gigi yang berfungsi untuk mengembalikan struktur gigi yang hilang yang disebabkan oleh pembusukan atau kecelakaan. Pembusukan membuat gigi berlubang. Tambal Gigi membantu mengisi celah pada gigi berlubang dan melindunginya dari kerusakan yang lebih parah. Tambalan juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau retak dan gigi yang luntur karena kebiasaan gigi seperti menggiling gigi, menggigit kuku, dan lain-lain.

KAPAN HARUS MELAKUKAN PERAWATAN TAMBAL GIGI ?

Ada berbagai gejala di mana penambalan harus dilakukan. Berikut ini gejala kondisi gigi yang diperlukan untuk dilakukan tindakan perawatan tambal gigi :

  • Memiliki lubang pada gigi / gigi berlubang
  • Terdapat bintik-bintik hitam pada gigi
  • Makanan tersangkut di antara area tertentu pada gigi yang menyebabkan pembusukan gigi
  • Gigi yang terkelupas atau pecah
  • Sensitivitas terhadap makanan dan minuman panas dan dingin

Jika kamu memiliki salah satu gejala seperti yang disebutkan di atas, maka ada kemungkinan kamu perlu melakukan tambal gigi. Untuk informasi detail mengenai kondisi gigimu secara menyeluruh, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami & akan kami berikan FREE CONSULTATION spesial hanya untuk kamu, supaya kamu bisa menjaga kesehatan gigimu setiap saat.

Hubungi kami Via Telp di (021) 86601509 & Whatsapp di 081112205836 untuk memudahkan kamu mendapatkan informasinya, dengan senang hati kami akan membantu kamu menentukan pilihan yang tepat untuk kesehatan gigimu.

BAGAIMANA PROSEDUR PERAWATAN TAMBAL GIGI ?

Tambal Gigi biasanya diperlukan jika kondisi gigi kamu rusak. Hal ini dapat mencegah kerusakan yang lebih parah yang ditimbulkan dari gelaja yang timbul dan dapat melindungi kesehatan gigi kamu sehingga tindakan preventif tambal gigi diperlukan.

  • Langkah pertama dalam proses ini adalah untuk melihat seberapa parah gigi yang terinfeksi. Ini karena Penambalan Gigi hanya cocok untuk fraktur ringan dan pembusukan¬†
  • Dokter gigi kemudian memeriksa kondisi gigi dan jika diperlukan dilakukan rontgen untuk mendapatkan informasi yang tepat
  • Tergantung pada tingkat kerusakan, anestesi lokal diberikan untuk membuat area di sekitar gigi yang terinfeksi mati rasa
  • Kemudian gigi yang rusak atau rusak atau area di sekitarnya disiapkan untuk restorasi
  • Jika gigi rusak, maka handpiece gigi atau laser dapat digunakan untuk menghilangkan bagian yang rusak
  • Penambalan kemudian diterapkan ke daerah untuk mengisi rongga. Jenis penambalan akan tergantung pada kasus per kasus dan orang ke orang
  • Akhirnya, gigi jadi bisa dipoles untuk menyimpulkan prosedur penambalan gigi

JENIS-JENIS TAMBAL GIGI ?

Tambalan Gigi terdiri dari berbagai jenis. Jenis tambal gigi yang akan digunakan tergantung pada kondisi pembusukan dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini berbagai jenis tambalan gigi yang tersedia di FDC Dental Clinic adalah sebagai berikut :

Tambal Gigi Logam

Jenis tambal gigi logam ini, Tambal Perak relatif lebih murah. Tapi tambal gigi emas meskipun mahal adalah pilihan yang lebih disukai. Karena mereka dapat menahan kekuatan mengunyah dan biasanya bertahan dari 10-15 tahun.

 

Tambal Gigi Komposit

Jenis tambal gigi komposit Ini memiliki warna yang sama dengan gigi kamu. Tambal Gigi Komposit ini lebih banyak disukai karena memiliki penampakan seperti warna gigi. Disarankan & cocok untuk gigi depan. Ikatan yang baik dengan struktur gigi. Ini juga digunakan untuk gigi yang terkelupas, namun, tidak bertahan lama dibandingkan dengan penambalan logam dan amalgam dan juga dapat hilang dengan waktu.

 

Tambal Gigi Porselain / Keramik

Tambal gigi porselain paling cocok jika kamu memiliki masalah estetika yang serius. Bahan porcelain Ini menutupi sebagian besar gigi, sebagai akibatnya, dapat digunakan jika pembusukannya cukup besar. Tambal gigi porcelain ini memiliki daya tahan lebih lama ini dan tidak mudah ternoda atau hilang. 

RESIKO JIKA GIGI TIDAK DILAKUKAN TAMBAL ?

Jika Kamu mengalami pembusukan pada gigi atau gigi kamu berlubang, maka sangat penting untuk melakukan Tambal gigi karena jika perawatan tidak dilakukan tepat waktu maka perlahan-lahan email (bagian luar gigi) mulai membusuk yang memperlihatkan dentin (bagian keras di bawah enamel).

Bakteri di mulut kamu akan bersentuhan dengan dentin, sehingga menyebabkan infeksi. Setelah infeksi dimulai, maka gigi kamu akan merasakan sensitivitas dan kemudian ingin mendapatkan Penambalan.

Tetapi jika kamu melewatkan bagian ini dan tidak mendapatkan perawatan yang dilakukan tepat waktu, maka infeksi akan mencapai saraf yang pada akhirnya akan merusak gigi dan kemudian orang perlu menjalani Perawatan Saluran Akar (PSA).

Kamu juga berisiko mengalami infeksi yang bepergian ke gigi yang berdekatan sehingga rentan mengalami pembusukan pada gigi.

PERAWATAN YANG DIPERLUKAN SETELAH MELAKUKAN TAMBAL GIGI ?

  • Sebelum kamu mulai mengunyah, pastikan anestesi hilang
  • Jangan mengonsumsi sesuatu yang terlalu panas atau terlalu dingin jika efek anestesi masih menyala
  • Kamu mungkin merasakan sakit di sekitar daerah gusi, ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari
  • Hindari makanan yang keras atau lengket selama beberapa hari
  • Jika Kamu memiliki kebiasaan menggiling gigi, maka pastikan kamu menggunakan pelindung mulut untuk melindungi isinya
  • Jika kamu merasa kepekaan terlalu lama atau jika tambalan gigi kamu keluar, segera konsultasikan dengan dokter
  • Pertahankan rutinitas kebersihan mulut yang baik seperti membersihkan, rajin menyikat gigi minimal 1 hari 2 kali, obat kumur & flossing

Konsultasi Kesehatan Gigimu

Gratis Bersama Dokter Berpengalaman

Telp : (021) 86601509

Frequently Asked Questions

Bertahan berapa lama Tambal pada gigi ?

Umur Isi Gigi tergantung pada bahan tambal yang digunakan. Ini juga tergantung pada seberapa baik kamu rutin melakukan pengecekan pada gigi kamu. Umur tambalan pada gigi bervariasi mulai dari 10 tahun hingga 20 tahun

Bisakah gigi rontok di tambal gigi ?

Bisa, tapi kasus seperti ini sangat jarang

Apa yang harus dilakukan jika tambalan gigimu rusak ?

Segera konsultasikan dengan dokter kami

Hubungi Kami

Telp

(021) 86601509

Whatsapp

0811 1220 5836

LOKASI KAMI

6 Cabang di Jakarta

1 Cabang di Depok

1 Cabang di Bandung

3 Cabang di Tangerang

1 Cabang di Bogor

Form Reservasi

Share This