fbpx

Gigi keropos ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya pada anak-anak. Orang dewasa juga bisa jadi terkena gangguan gigi keropos. Masalah gigi ini disebabkan oleh zat asam dalam mulut yang mengikis bagian terluar gigi kamu (enamel gigi).

Enamel gigi merupakan lapisan terluar gigi, lapisan ini merupakan lapisan paling kuat yang melindungi gigi. Namun banyak faktor yang dapat menyebabkan enamel gigi ini bisa rusak, salah satunya adalah zat asam. Kandungan zat asam ini bersumber dari makanan serta minuman yang kamu konsumsi.

Sisa makanan dan minuman yang menepel pada gigi kamu bisa menyebabkan gigi kamu keropos. Hal ini karena zat asam yang terkandung dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Oleh sebab itu sangatlah wajib untuk kamu melakukan perawatan gigi secara rutin.

Merawat kesehatan gigi tidak perlu alat yang mahal, perawatan gigi ini tidak lah ribet. Kamu hanya perlu menggunakan sikat gigi, dan juga pasta gigi yang sesuai kebutuhan kamu.

Menggosok gigi adalah cara paling baik untuk kamu lakukan setiap hari untuk membuat gigi tetap sehat. Cara ini sangatlah dianjurkan oleh dokter gigi untuk kamu lakukan setiap hari.

Menggosok gigi yang rutin sangatlah baik untuk kesehatan gigi kamu. Dengan begitu karies gigi dan penyakit gigi lainnya dapat teratasi dengan mudah berkat kamu rutin menggosok gigi.

Penyebab Gigi Keropos

Inilah Penyebab Gigi Keropos dan Cara Penanganan yang Tepat

Ada beberapa penyebab gigi keropos, yang bisa saja kamu alami saat ini. Selain zat asam ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat gigi kamu keropos.

Mulut kering

Mulut kering bisa menjadi sumber dari terjadinya gigi keropos, mulut yang kering akan sangat sedikit menghasilkan air liur. Dalam rongga mulut air liur sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembapan mulut kamu.

Selain untuk menjaga kelembapan mulut, air liur juga dapat membantu kamu untuk membersihkan sisa makanan yang terselip.

Disinilah fungsi air liur yang sangat luar biasa, yaitu dapat membantu untuk membersihkan sisa makanan. Dengan begitu sisa makanan dapat terangkat semua, dan gigi keropos dapat dicegah.

Kebersihan mulut yang buruk

Minum air putih sehari 2 liter atau 8 gelas sehari merupakan kebutuhan untuk tubuh manusia. Minum air yang cukup dapat membuat produksi air liur pun tak terganggu. Hal ini akan membuat kondisi mulut kamu terjaga kebersihannya.

Menggosok gigi secara rutin juga tidaklah boleh ketinggal untuk kamu lakukan setiap hari. Sisa makanan dapat dengan mudah terangkat jika kamu melakukan secara rutin setiap hari. Dengan begitu kebersihan mulut kamu akan semakin baik, dan gigi keropos tidak akan mudah menyerang gigi kamu.

Merokok

Perokok aktif lebih dapat terkena serangan gingivitis dan juga gusi yang mudah bengkak. Selain itu karies gigi juga bisa lebih cepat menyerang jika kamu seorang perokok aktif.

Perokok aktif lebih beresiko terkena karies gigi karena produksi air liurnya sangat minim, karena tembakau dalam rokok yang dihisapnya.

Usia

Penyebab gigi keropos yang satu ini memang tidaklah bisa dihindari kedatangannya. Namun kamu bisa mengatasi gigi keropos pada saat lanjut usia nanti.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah merawat kesehatan gigi secara rutin sejak dini, serta tidak pernah lupa untuk pemeriksaan rutin ke klinik gigi.

Pemeriksaan atau perawatan rutin ke klinik gigi sangatlah ampuh untuk menjaga kesehatan gigi scara baik. Menggosok gigi dan membersihkan karang gigi di klinik gigi dapat membantu kamu untuk membasmi semua penyakit yang rentan menyerang gigi kamu.

Penanganan Tepat untuk Gigi Keropos

Penanganan yang sangat ampuh untuk kamu lakukan adalah dengan cara menjaga kesehatan gigi setiap hari dengan rutin. Cara ini terbukti sangatlah ampuh untuk kamu lakukan dan mampu menjaga kesehatan gigi dengan baik.

Tidak hanya menggosok gigi, pembersihan karang gigi (scaling) juga perlu kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh

Selain cara tersebut, minum air putih yang banyak juga mampu mencegah gigi keropos untuk datang. Terpenting untuk mencegah gigi keropos adalah dengan cara memperhatikan asupan makanan dan juga minuman yang konsumsi setiap harinya. Makanan dan minuman merupakan sumber utama dari terjadinya gigi keropos ini.

Baca juga: Fakta scaling gigi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Share This