Masalah Kesehatan Gigi Susu Anak yang Sering Terjadi

Kesehatan gigi susu anak sangatlah penting untuk dijaga, karena ini akan mempengaruhi perkembangan gigi anak saat dewasa. Gigi susu anak biasanya akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan, pertumbuhan gigi susu ini akan bertahap.

Mulai dari gigi seri bagian bawah, sampai dengan semua gigi susu muncul dengan jumlah 20 gigi susu. Gigi susu ini perlahan pun akan berganti dengan gigi permanen, gigi susu akan mulai tanggal dengan sendirinya.

Namun walaupun gigi susu bisa tanggal dengan sendirinya, perlulah dilakukan perawatan dengan benar. Perawatan yang dilakukan ketika gigi susu tumbuh, akan berpengaruh pada pertumbuhan gigi permanen nantinya.

Baca juga: Asupan makanan terbaik untuk gigi susu anak

Gigi susu ini akan bertahan sampai dengan anak usia 12 tahun, dan semua gigi susu sudah digantikan dengan gigi permanen. Perawatan yang baik terhadap gigi susu akan berpengaruh besar terhadap bentuk wajah anak.

Selain bentuk wajah anak, gigi susu yang dijaga dengan baik akan membantu anak mendapatkan gizi yang cukup. Karena jika gigi susu anak sudah membusuk dan tanggal sebelum waktunya, akan membuat anak sulit untuk mengunyah makanan.

Oleh sebab itu sebagai orang tua sangatlah wajib untuk memperhatikan kesehatan gigi susu anak. Supaya pada saat gigi permanen sudah tumbuh akan lebih mudah terbiasa dalam merawat kesehatan gigi.

Masalah kesehatan gigi susu anak sangatlah mudah terjadi, ada baiknya sebagai orang tua kamu mengetahui masalah yang sering terjadi pada gigi susu anak.

Kesehatan Gigi Susu Anak

Gigi berlubang

Masalah kesehatan gigi yang satu ini sangatlah sering terjadi pada gigi susu anak. Masalah ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh usia anak-anak, banyak usia dewasa yang juga mengalami masalah kesehatan gigi yang satu ini.

Penyebab utama dari masalah kesehatan gigi berlubang ini adalah, kebersihan gigi yang buruk. Malas menjaga kesehatan gigi adalah faktor utama dari munculnya masalah yang satu ini.

Pada gigi susu anak juga harus dirawat, sebagai orang tua haruslah mengajarinya bagaimana merawat kesehatan gigi dengan baik sejak dini.

Warna gigi berubah

Warna asli pada gigi adalah putih, dan bisa terjadi perubahan warna menjadi warna kekuningan. Faktor yang menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning adalah malas menyikat gigi.

Selain itu penggunaan pasta gigi berfluoride yang berlebihan juga sangatlah mempengaruhi perubahan warna pada gigi.

Sebaiknya berikanlah pasta gigi khusus anak, yang tidak terlalu banyak mengandung fluoride.

Tujuan adanya kandungan fluoride pada pasta gigi adalah untuk membuat gigi menjadi lebih kuat, dan dapat mencegah gigi berlubang. Namun untuk anak-anak sebaiknya penggunaan fluoride dibatasi dan jangan terlalu berlebihan.

Gigi sensitif

Gigi sensitif dapat terjadi saat enamel gigi terkikis oleh asam bakteri, untuk mengatasinya sebaiknya gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Kesalahan dalam menyikat gigi juga dapat menyebabkan gigi anak menjadi lebih sensitif.

Sebagai orang tua ada baiknya kamu harus terus mengajari anak untuk bagaimana menyikat gigi dengan baik dan benar. Serta jangan lupa untuk mengajak anak untuk rutin periksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Leave a reply

%d blogger menyukai ini: