fbpx

Kebiasaan buruk penyebab penyebab gigi berlubang sangatlah sering disepelekan. Banyak yang tidak sadar akan bahaya dari kebiasaan yang mereka lakukan. Malas untuk menggosok gigi secara rutin merupakan salah satu contoh kebiasaan buruk yang harusnya tidak dilakukan.

Menggosok gigi secara rutin setiap dua kali dalam sehari, akan membuat kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik. Menggosok gigi sudah dipercaya sejak dulu sangatlah baik untuk membantu menjaga kesehatan gigi.

Gigi berlubang sangatlah sering terjadi, gigi berlubang ini bisa terjadi pada siapa saja. Namun yang lebih sering untuk terkena gigi berlubang ini adalah anak-anak. Pada usia anak-anak, makanan maupun minuman yang manis sangatlah menjadi pilihan menarik untuk mereka konsumsi.

Dari makanan dan minuman manis inilah gigi berlubang bisa terjadi pada anak-anak. Bahkan pada usia dewasa pun bisa tekena gigi berlubang. Orang dewasa yang terkena masalah kesehatan gigi berlubang, memiliki masalah dari rasa malas untuk menjaga kesehatan gigi.

Makanan dan minuman manis ini bisa terselip disela gigi, jika tidak melakukan gosok gigi secara rutin. Sisa makanan yang terselip ini akan menggunakn banyak sekali bakteri untuk datang. Pada saat inilah gigi berlubang sudah mulai terjadi, awalnya hanya goresan halus yang tak kasap mata.

Namun jika terus dibiarkan goresan yang halus tadi akan membesar dan menimbulkan lubang. Lubang yang tadinya kecil akan menjadi besar, jika kamu tidak segera memeriksakannya ke klinik gigi dengan segera.

Oleh sebab itu menggosok gigi secara rutin sangatlah dianjurkan, oleh dokter gigi untuk merawat kesehatan gigi.

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berlubang

Inilah Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Disepelekan

Kurang mengonsumsi air putih

Sebagian kandungan dalam tubuh manusia adalah cairan, sekitar 70% merupakan air yang terkandung dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu mengonsumsi air putih yang cukup sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Selain kesehatan tubuh, ternyata mengonsumsi air putih juga sangatlah baik untuk kesehatan gigi kamu.

Jarang mengonsumsi air putih bisa membuat mulut sulit untuk memproduksi air liur. Dalam air liur ini terdapat zat alami yang bisa mencegah kerusakan pada gigi kamu.

Zat bermanfaat yang terkandung dalam air liur adalah, kalsium, fosfat, dan juga fluoride. Maka dari itu kamu dianjurkan untuk menonsumsi air putih yang banyak dalam sehari, yaitu sebanyak dua liter dalam sehari.

Makanan manis

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, makanan manis merupakan sumber dari masalah gigi berlubang ini. Oleh sebab itu kamu juga harus memperhatikan hal ini, makanan manis sebaiknya dikonsumsi hanya untuk selingan saja. Mengonsumsi makanan manis ini sebaiknya dibatasi untuk mencegah gigi kamu rusak.

Timbunan plak

Timbunan plak ini juga bisa menyebabkan masalah gigi berlubang, sisa makanan menjadi sumber masalah dari timbunan plak ini. Sisa makanan yang tak segera kamu bersih dengan cara menggosok gigi secara rutin akan bertumpuk.

Dampak dari bertumpuknya sisa makanan ini akan menimbulkan timbunan plak pada gigi. Hal inilah yang akan membuat gigi kamu mudah sekali untuk berlubang.

Cara menggosok gigi yang salah

Menggosok gigi memanglah baik untuk kesehatan gigi kamu, namun menggosok gigi yang salah akan membuat gigi kamu rusak. Oleh sebab itu kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam menggosok gigi setiap hari.

Konsultasikan dengan dokter gigi, bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar. Pastikan selalu menggunakan sikat gigi berbulu sikat yang lembut. Serta gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk mencegah gigi kamu berlubang.

Baca juga: Perawatan kesehatan gigi menggunakan asuransi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Share This