fbpx

Implan Gigi

Implan gigi / Dental Implant adalah prosedur yang paling populer dan juga solusi ideal untuk mengganti gigi kamu yang hilang. Implan gigi pada dasarnya adalah pemasangan titanium yang secara operasi dimasukkan ke dalam tulang rahang di bawah garis gusi untuk bekerja sebagai akar gigi. Pasca pemasangan, dokter akan memasang mahkota di atas implan untuk memastikan penampilan gigi asli. Implan gigi tidak hanya terlihat dan terasa seperti gigi alami kamu tetapi juga memiliki fungsi yang sama.

Before After Gallery

KENAPA HARUS IMPLAN GIGI ?

Seseorang dapat menghadapi masalah kehilangan gigi di setiap titik dalam kehidupan. Kehilangan gigi bisa karena trauma, kecelakaan, penyakit gusi parah, kerusakan gigi atau bahkan karena kebersihan mulut yang buruk. Jika gigi yang hilang tidak dirawat dapat menyebabkan berbagai konsekuensi seperti :

  • Masalah bicara yang dihasilkan dari celah yang diciptakan oleh satu atau lebih gigi yang hilang
  • Kesulitan mengunyah
  • Wajah mungkin mulai terlihat lebih tua dan berkerut dengan pipi yang cekung karena gigi yang hilang dapat menyebabkan otot mengendur yang tidak dapat menopang bibir & pipi
  • Nyeri pada otot-otot wajah rahang mengakibatkan gigitan yang tidak tepat yang disebabkan oleh gigi yang hilang
  • Kerusakan gigi dan penyakit gusi, seiring waktu, karena akumulasi plak & jebakan makanan di celah yang disebabkan oleh gigi yang hilang
  • Gigitan yang tidak tepat akibat kemiringan gigi yang berdekatan ke dalam ruang kosong yang disebabkan oleh gigi yang hilang
  • Gigi yang hilang dan tidak diobati dapat merusak penampilan wajah yang menyebabkan rendahnya harga diri atau kurang percaya diri
  • Menyembunyikan senyum selama percakapan atau pada pertemuan publik untuk menghindari rasa malu yang disebabkan oleh senyum buruk dari gigi yang hilang

Implan gigi membantu mengatasi semua masalah yang disebutkan di atas. Implan Gigi adalah solusi terbaik dan paling populer untuk penggantian gigi yang hilang. Implan gigi cocok untuk setiap orang yang kehilangan gigi terlepas dari usia dan jenis kelamin mereka. Untuk mengetahui apakah ada yang bisa mendapatkan implan gigi klik di sini.

Dengan tingkat keberhasilan 98%, implan meyakinkan pasien gigi tentang kesehatan gigi dan gusi mereka. Implan gigi pada dasarnya adalah ‘sekrup titanium’ yang menyatu dengan tulang rahang.

APA PERBEDAAN IMPLAN GIGI & BRIDGE ?

Bridges

Implants

May compromise the adjacent natural tooth

Does not compromise with an adjacent tooth

A bridge may need replacement at times where bone loss continues at the site of the missing tooth

An implant causes no bone loss as it gets attached with the bone and promotes healthy bone

With bridges, your teeth may be prone to plaque, decay or gum disease, with a risk of possible future root canal

With no free spaces in between, implants won’t attract bacteria ever for plaque accumulation

APA KELEBIHAN IMPLAN GIGI ?

  • Implan gigi membantu mengembalikan gigi yang hilang dan menjadi yang terbaik berikutnya untuk gigi alami kamu
  • Implan adalah solusi yang tahan lama dengan potensi untuk hidup lebih lama dari pasien
  • Implan gigi membantu mempertahankan bentuk dan kontur wajah & senyum yang bisa salah karena gigi yang hilang membuat otot-otot wajah melorot
  • Implan tidak merusak struktur gigi yang berdekatan dengan cara apa pun dan melindungi tulang yang sehat
  • Implan memastikan penampilan dan kenyamanan superior tanpa masalah bicara
  • Implan memberi kebebasan untuk menikmati makanan favorit kamu tanpa khawatir

PROSEDUR PERAWATAN IMPLAN GIGI ?

Melakukan perawatan implan gigi memiliki berbagai tahapan sebagai berikut :

Menempatkan Implan Gigi

Berkat teknik kedokteran gigi modern, dimungkinkan untuk membuat prosedur penempatan implan nyaman dan bebas rasa sakit. Prosedur dimulai dengan persiapan tulang rahang kemudian membuat luka untuk mengekspos tulang untuk lubang pengeboran. Lubang-lubangnya dijaga cukup dalam agar implan ditempatkan dengan benar dan diletakkan jauh ke dalam tulang, seperti akarnya.

Dokter mungkin memerlukan pencangkokan tulang dalam kasus-kasus di mana tulangnya lemah atau tidak memiliki kekuatan untuk mendukung operasi implan. Dokter kemudian menunggu tulang rahang pulih dan setelah itu, menempatkan tiang logam di dalamnya.

Seluruh proses, dari awal hingga selesai, mungkin memakan waktu berbulan-bulan di mana sebagian besar waktu dihabiskan untuk penyembuhan dan menunggu pertumbuhan tulang baru di rahang.

 

Penyembuhan

Selama proses ini, tulang rahang akan tumbuh dan menyatu dengan permukaan implan gigi. Proses ini juga disebut sebagai osseointegrasi karena membantu penyembuhan dasar yang tahan lama untuk gigi tiruan baru, seperti halnya akar untuk gigi alami. Secara umum, proses ini memakan waktu antara 3 hingga 6 bulan tergantung pada kesehatan & struktur tulang. Namun, seluruh prosedur dapat diselesaikan dalam satu hari itu sendiri ketika pasien memiliki struktur tulang yang baik.

Setelah itu, kamu dapat menjadwalkan operasi kedua dan dokter gigi kamu akan melakukan x-ray untuk memastikan apakah implan tersebut cocok untuk operasi kedua. Operasi kedua akan lebih sederhana daripada yang pertama di mana sayatan baru dibuat untuk mengekspos kepala implan.

Setelah ini, mahkota sementara diberikan kepada pasien yang ditempatkan untuk mengisi celah, dan juga untuk mencapai tujuan estetika. Mahkota ini dapat dilepas untuk prosedur implan, pasien harus menunggu sampai tulang sembuh dengan benar.

 

Penempatan Abutment

Kamu mungkin perlu pembedahan lain untuk menempatkan abutment (potongan tempat mahkota akan dilampirkan) tetapi hanya setelah penyembuhan selesai. Prosedur ini relatif sederhana biasanya dilakukan dengan anestesi. Selama prosedur, dokter gigi akan menempelkan abutment pada implan gigi. Mahkota sementara akan diberikan selama 4 hingga 6 minggu untuk membiarkan gusi di sekitar abutment sembuh.

Mahkota seperti itu lebih lunak yang dapat melapisi implan dan mungkin menekankan jaringan lunak yang dapat membantu penyembuhan. Untuk tujuan pencegahan, kamu mungkin perlu makan hanya makanan lunak setelah setiap tahap operasi agar bedah sembuh dengan baik.

 

Penempatan Mahkota Permanen

Pada tahap selanjutnya, dokter gigi akan fokus membuat mahkota permanen persis seperti gigi asli kamu. Semua elemen seperti tekstur permukaan, warna dan anatomi akan disesuaikan untuk menyatu dengan pertumbuhan gigi di sekitarnya. Jika kamu tidak puas dengan mahkota gigi karena alasan apa pun, berkonsultasilah dengan dokter gigi kamu sehingga dapat dikirim kembali ke teknisi gigi untuk perubahan yang diperlukan. Dibutuhkan kurang dari 2 hingga 3 minggu untuk membuat mahkota permanen yang kemudian akan disekrup ke Implan Gigi. Setelah pemasangan mahkota permanen, dokter Anda akan menjelaskan instruksi perawatan pasca-implan

TIPS SETELAH MELAKUKAN PERAWATAN IMPLAN GIGI ?

Kebersihan mulut yang baik adalah hal penting tidak hanya untuk gigi dan gusi kamu tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan. Ikuti tips ini untuk meningkatkan kesehatan mulut kamu setelah melakukan perawatan implant gigi :

 

  • Sikat gigi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut
  • Pilih sikat gigi dengan kepala kecil dan bulu halus
  • Ganti sikat gigi kamu setiap dua atau tiga bulan sekali agar bulu yang usang atau usang tidak merusak gigi dan gusi kamu
  • Gunakan dental floss setidaknya satu kali sehari untuk menjaga plak, bakteri, dan makanan keluar dari mulut karena membantu menjaga implan dalam kondisi baik
  • Lakukan perawatan mulut yang tepat di rumah untuk membuat implan gigi kamu bertahan seumur hidup
  • Gunakan obat kumur sekali sehari setelah makan untuk menjaga kesehatan mulut kamu
  • Jangan mengonsumsi makanan yang lengket karena implan dapat menarik lebih banyak bakteri dari gigi alami kamu untuk menjadi buatan di alam
  • Makan dan minum dengan benar dapat membantu implan kamu keluar dari bahaya dan perawatan mulut yang baik dapat bertahan selamanya
  • Kunjungi klinik gigi secara teratur dan cobalah untuk mencapai kebersihan mulut yang baik agar implan kamu bertahan seumur hidup.

Konsultasi Kesehatan Gigimu

Gratis Bersama Dokter Berpengalaman

Telp : (021) 86601509

Frequently Asked Questions

Berapa Lama Implan Gigi Bertahan?

Implan gigi dikenal tahan lama, terutama dengan perawatan yang tepat. Mereka bisa bertahan selama 25 tahun atau lebih. Dapatkan implan gigi dari seorang profesional di Klinik Gigi FDC Dental Clinic terdekat.

Apakah Implan Gigi Sakit ?

Saat melakukan proses implan gigi, biasanya pasien akan merasakan sedikit sakit atau tidak sakit sama sekali. Karena sebelum dilakukan proses operasi, pasien akan diberikan obat bius sehingga pasien tidak akan merasakan sakit.

Berapa Biaya Pemasangan Implan Gigi ?

Di FDC Dental Clinic, pasien akan mendapatkan kualitas perawatan terbaik. Kami melakukan tindakan terbaik untuk harga yang dibayarkan oleh pasien. Selain itu, FDC Dental Clinic juga menawarkan keaslian dan kualitas  produk yang kita berikan kepada pasien.

Hubungi Kami

Telp

(021) 86601509

Whatsapp

0811 1220 5836

LOKASI KAMI

6 Cabang di Jakarta

1 Cabang di Depok

1 Cabang di Bandung

3 Cabang di Tangerang

1 Cabang di Bogor

Form Reservasi

Share This