Apa yang Dimaksud Gingivektomi? Apakah Perlu Dilakukan?

Gingivektomi – Gingivektomi adalah prosedur pembedah yang dilakukan untuk mengangkat gingiva atau jaringan gusi.

Prosedur ini bertujuan untuk mengobati penyakit pada gusi dan menghilangkan kantong gusi yang terbentuk ketika gusi kamu terlepas dari gigi.

Sekarang ini, gingivektomi juga digunakan untuk kepentingan estetik dental dengan cara memperbaiki bentuk gusi sehingga saat senyum penampilan menjadi lebih cantik. Prosedur ini bisa disebut juga dengan crown lengthening

Selain itu, gingivektomi/crown lengthening bisa juga digunakan sebelum tahap pembuatan crown (mahkota selubung) atau veneer.  

Prosedur ini dilakukan untuk memperoleh struktur dan permukaanmahkota gigi lebih luas sehingga hasil akhirnya didapat bentuk crown (mahkota selubung) atau veneer yang baik.

Prosedur gingivektomi ini bisa dilakukan menggunakan tiga cara yaitu scalpel (pisau bedah) , sinar laser, atau elektrosurgeri.

Ketiga cara itu sama-sama masih digunakan tapi ada beberapa perbedaan seperti waktu pengerjaan, kesulitan prosedur (perdarahan,asap, bau), waktu penyembuhan.

Teknik Gingivektomi

Untuk mengurangi perdarahan selama bedah, dilakuakn penyuntikan secara langsung pada tiap papila interdental yang direseksi. Biasanya prosedur gingivektomi dilakukan dengan anastesi lokal.

Gingivektomi dengan elektrokauter/ bedah listrik

Teknik ini terbatas pada prosedur superficial seperti pengangkatan jaringan gingiva yang mengalami pembesaran, koreksi frenulum dan otot-otot perlekatan, insisi abses periodontal, flep perikoronal.

Keuntungan dengan teknik ini adalah memungkinkan pembentukan kontur jaringan yang baik dan kontrol pendarahan.

Sedangkan kerugian teknik ini tidak dapat digunakan pada penderita jantung yang menggunakan pacemaker (alat pacu jantung) yang tidak kompatibel. Selama prosedur akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Bila ujung alat bedah listrik bersentuhan dengan tulang akan terjadi kerusakan tulang yang tidak dapat diperbaiki.

Gingivektomi dengan laser

Yang sering digunakan dalam kedokteran gigi adalah laser karbondioksida ( CO2) dan laser neodymium: yttriumaluminium-garnet ( Nd:YAG) yang mempunyai panjang gelombang 10,600 nm dan 1064 nm.

Sinar laser CO2 digunakan untuk eksisi gingiva, meskipun penyembuhannya agak lama dibandingkan dengan penyembuhan bila menggunakan scalpel secara konvensional.

Penggunaan sinar laser untuk bedah mulut harus memenuhi ukuran yang dianjurkan, untuk menghindari pantulan sinar pada permukaan alat yang dapat menimbulkan luka terhadap jaringan sekitaarnya dan penglihatan operator.

Baca juga: Apa itu gingivitis

Perlukah Dilakukan

Gingivektomi adalah prosedur yang tepat untuk pasien yang terserang gingivitis. Kondisi ini ditandai dengan adanya plak akibat bakteri.

Plak akan semakin mengeras dan menjadi karang gigi atau tartar. Gusi pun meradang dan kantong gusi semakin dalam.

Jika sudah parah, karang gigi tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi atau benang gigi. Gusi juga dapat berdarah.

Gingivektomi dianjurkan jika kondisi pasien tidak membaik setelah pembersihan manual yang menyeluruh, yaitu kuretase. Pada kuretase, plak akan dikikis dan karang gigi dibersihkan.

Mereka yang menderita periodontitis juga dapat menjalani gingivektomi. Periodontitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan gusi. Penyakit ini kerap membuat gigi tanggal dan merusak tulang di sekitarnya.

Pada beberapa kasus, infeksi gusi menjadi sangat parah hingga tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Gingivektomi adalah prosedur yang aman dan biasanya dilakukan di klinik gigi. Angka kesuksesan dan kepuasannya pun tinggi. Setelah prosedur, pasien perlu beristirahat selama beberapa hari untuk mempercepat penyembuhan. Pasien juga harus memakan makanan yang halus.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

%d blogger menyukai ini: