Fakta Menarik Seputar Gigi Susu Anak

Fakta menarik seputar gigi susu – Kesehatan gigi susu anak masih menjadi hal yang luput dari perhatian dalam hal perawatannya. Gigi susu anak ini sangatlah penting untuk terus diperhatikan dari tumbuh hingga copot. Gigi susu anak akan tumbuh secara bertahap sampai dengan berjumlah 20 buah.

Pada saat copot pun gigi anak akan copot secara bertahap juag, sampai semua gigi susu terganti dengan gigi permanen. Namun hal ini tidaklah berlangsung dalam waktu yang cepat, gigi susu akan copot semua sampai anak usia 12 tahun.

Gigi susu yang copot akan akan otomatis terganti dengan gigi permanen. Dalam hal ini juga perlu perhatian orang tua, karena bisa jadi ada kendala dalam proses gigi keluar dari gusi. Dalam kasus ini perlulah pemeriksaan lebih lanjut dari dokter gigi.

Hal ini kadang membuat si anak merasa tidak nyaman, karena rasa sakit yang dialami pada area gusi. Menghadapi anak-anak yang mengalami nyeri karena tanggalnya gigi memang butuh ekstra sabar.

Untuk meredakan rasa sakit tersebut, kamu bisa memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, jika rasa sakit tak kunjung mereda, maka sebaiknya kamu membawa si kecil ke dokter gigi dengan segera.

Sebagai orangtua, tak ada salahnya kamu mengetahui fakta-fakta menarik seputar kondisi gigi susu si anak. Supaya bisa dengan mudah kamu menanganinya ketika si anak nantinya mengalami masalah saat gigi susu tumbuh maupun copot.

Fakta Menarik Seputar Gigi Susu

Fakta Menarik Seputar Gigi Susu Anak

Gigi permanen tumbuh sebelum waktunya

Ternyata tidak semua gigi permanen yang tumbuh mengikuti tanggalnya gigi susu. Namun ada beberapa kasus, gigi permanen dapat tumbuh sebelum gigi susu tanggal.

Hal ini dapat mengakibatkan posisi gigi menjadi tidak rata. Karena nantinya gigi tetap akan tumbuh dibelakang gigi susu yang belum tanggal tersebut.

Namun tidaklah perlu khawatir karena saat ini sudah ada behel gigi yang dapat mengatasi masalah gigi tidak rata. Untuk pemakaian pada anak sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakaikan behel gigi pada anak.

Pertama tumbuh pada usia 6 bulan

Gigi susu pertama kali akan muncul atau tumbuh pada usia 6 bulan, pada saat ini biasanya gusi si kecil akan merasa gatal. Hal ini akan membuat si kecil menggigit benda apapun yang ada disekitarnya untuk mengurangi rasa gatal tersebut.

Sebagai orang tua sebaiknya jauhkan benda-benda berbahaya yang dapat tertelan, maupun melukai si kecil. Dokter gigi menyarankan untuk mengasihnya mainan yang khusus untuk mereka gigit-gigit, yang sudah pasti aman untuk gusi dan mulut si kecil.

Selain gusi terasa gatal, biasanya mereka akan rewel karena merasa tidak nyaman dibagian rongga mulutnya. Sebagai orang tua haruslah lebih perhatian dalam hal ini, pasti hal ini membuatnya merasa sangat tidak nyaman.

Lebih mudah mengalami karies gigi

Karies pada gigi sebenarnya tidak hanya diderita oleh anak-anak saja, namun orang tua dapat mengalaminya. Gigi susu yang sudah tumbuh pada anak sebaiknya harus terus dirawat, sebelum mengalami hal seperti gigi karies.

Ajari anak untuk terus menjaga kesehatan gigi setiap harinya dengan cara menyikat gigi setiap hari. Serta kenalkan si anak ke klinik gigi, supaya pada saat sudah dewasa nanti si anak tidak lagi takut ketika periksa gigi.

Baca juga: Masalah kesehatan gigi susu anak

Tumbuh dan copot secara bertahap

Gigi susu ini akan tumbuh dan copot secara bertahap, gigi yang pertama tumbuh adalah bagian gigi seri. Pertama kali tumbuh yaitu dua gigi seri bagian bawah, kemudian disusul gigi seri bagian atas.

Setelah gigi seri atas bawah sudah tumbuh semua, barulah gigi susu yang lain tumbuh sampai berjumlah 20 gigi susu.

Selain tumbuh secara bertahap, gigi susu juga akan copot dengan cara bertahap. Gigi yang pertama tumbuh akan pertama juga copot. Begitulah alurnya ketika gigi susu berganti dengan gigi permanen.

Sampai semua gigi menjadi gigi permanen sampai mereka berusia 12 tahun, dan gigi permanen akan berjumlah 32 buah gigi.

Itulah tadi fakta menarik seputar gigi susu anak, yang patut diperhatikan sejak gigi susu pertama tumbuh. Sampai dengan gigi susu akan copot dan berganti dengan gigi permanen.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Leave a reply

%d blogger menyukai ini: