fbpx

Sejak anak-anak hingga dewasa, pola makan mempengaruhi bagaimana seorang manusia akan tumbuh berkembang.

Ketika tumbuh dewasa dan semua gigi tetap telah tumbuh pada tempatnya, pola makan juga memainkan peran dalam menjaga kesehatan gigi.

Gigi merupakan bagian kecil dari tubuh manusia, namun gigi serta gusi memiliki peranan yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh manusia. Ternyata kita membutuhkan gigi dan gusi untuk makan makanan bergizi dan kita juga perlu makan makanan bergizi agar gigi kita menjadi sehat.

Makanan yang dipilih dan seberapa sering makanan tersebut dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan seseorang termasuk kesehatan gigi dan gusinya.

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi soda yang mengandung gula, minuman manis dan camilan yang tidak bernutrisi, kita akan lebih berisiko mengalami kerusakan gigi. Kerusakan gigi banyak dialami pada masa kanak-kanak, namun hal tersebut dapatlah dicegah.

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Kesehatan Gigi?
Makanan Mengandung Gula Dapat Merusak Gigi

Untuk mengkontrol jumlah gula yang dikonsumsi, mulailah dengan membaca fakta nutrisi dan kandungan pada label yang terdapat di kemasan makanan dan minuman.

Makanan dan minuman yang paling sering ditemukan mengandung gula adalah minuman bersoda, permen, dan kue. Dokter atau ahli gizi juga dapat memberikan saran untuk pola nutrisi yang dapat kita konsumsi.

Ketika pola makan kita kekurangan nutrisi maka mungkin akan lebih sulit bagi jaringan di dalam mulut kita untuk melawan terjadinya infeksi, penyakit gusi sering terjadi pada kasus ini.

Penyakit gusi yang parah merupakan penyebab utama kehilangan gigi pada orang dewasa. Pada beberapa penilitian juga menunjukkan bahwa penyakit akan berkembang lebih cepat pada orang dengan gizi buruk.

Untuk hidup sehat dan mendapatkan gigi serta gusi yang sehat, maka kita perlu memperhatikan dalam memutuskan setiap makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.

Maka ingatlah selalu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi kita dan mulailah melakukan pola makan yang seimbang dan mengurangi camilan diantara makan.

Tips saat memilih makanan dan camilan agar memiliki kesehatan gigi yang baik:

Perbanyaklah minum air putih

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Kesehatan Gigi?
Perbanyak Minum Air Putih

Makan berbagai makanan dari lima kelompok makanan utama

Gandum, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak seperti daging sapi tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan ikan; kacang kering, kacang polong, susu rendah lemak dan bebas lemak

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Kesehatan Gigi?
Pola Makan Sehat

Batasi jumlah camilan yang kita makan. Ketika ingin mengkonsumsi camilan, pilihlah sesuatu yang sehat seperti buah atau sayuran atau sepotong keju.

Makanan yang dimakan sebagai bagian dari makanan utama lebih sedikit menyebabkan kerusakan pada gigi daripada banyak makan camilan sepanjang hari, karena lebih banyak air liur yang dikeluarkan saat makan utama.

Air liur membantu mencuci makanan dari mulut dan mengurangi efek asam, yang dapat membahayakan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Untuk kesehatan gigi yang baik, selalu ingat untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, lakukan floss setiap hari dan kunjungi dokter gigi secara teratur.

Jika kita rutin untuk berkunjung ke dokter gigi, dokter gigi dapat membantu mencegah dan deteksi awal permasalah yang terjadi di rongga mulut.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

.
Informasi Konsultasi & Reservasi :
☎ 021-8660 1509 (08.00 – 17.00)
.
? WhatsApp :
• @fdc.klender : 0813 8000 0576
• @fdc.pondokkelapa : 0813 8000 0942
• @fdc.jatiwaringin : 0813 8000 0762
• @fdc.pondokaren : 0813 8000 0572
• @fdc.kalimalang : 0823 1184 6868
• @fdc.depok : 0812 9263 7755
• @fdc.bogor : 0823 1184 6969
• @fdc.bandung : 0812 9405 2740

Ditulis oleh: drg. Monika Werdiningsih

Baca Juga :Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Balita – Drg. Deby Febrina

Sumber Referensi :

  1. Beiswanger BB, Katz A, Boneta E, et al. The effect of chewing sugarfree gum after meals on clinical caries incidence. JADA 1998;129(11):1623-1626.
  2. Szbke J, Banoczy J, Proskin HM. Effect of after-meal sucrose-free gum-chewing on clinical caries. J Dent Res 2001;80(8):1725-1729.
  3. United States Department of Agriculture. MyPyramid.gov. “www.mypyramid.gov”. Accessed Aug 1, 2018.
Share This